Manfaat Sarapan untuk Produktivitas Kerja

October 27, 2022
manfaat sarapan

Table of Contents

Manfaat sarapan secara umum sudah diketahui sebab sangat berhubungan dengan tuntutan untuk selalu produktif adalah sesuatu yang pasti dalam bekerja. Demi meningkatkan produktivitas, ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan tidak melewatkan sarapan dan memilih jenis sarapan yang bergizi.

Apa hubungan antara makanan atau sarapan dengan produktivitas kerja? Apa saja manfaat sarapan untuk produktivitas kerja? Mari temukan jawabannya di artikel ini!

Produktivitas kerja bagi pekerja masa kini

Bagi mayoritas orang, sarapan seolah sudah menjadi kewajiban dan hal tersebut yang memotivasi mereka untuk mulai beraktivitas. Sarapan atau kebiasaan konsumsi makanan sebelum bekerja tentu sangat berpengaruh terhadap cara seseorang memandang beban kerjanya hari itu. Apabila seseorang dalam keadaan kelaparan, seringnya mereka akan cenderung kurang optimal dalam menjalankan aktivitas hariannya. Terlebih untuk menjunjung produktivitas kerja yang membutuhkan stamina lebih.   

Produktivitas kerja adalah tingkat efisiensi seseorang dalam melakukan pekerjaannya. Baik dalam ketepatan waktu, kualitas pekerjaan, hingga kerja sama tim yang tetap optimal. Tinggi rendahnya produktivitas akan sangat berpengaruh pada output dan pencapaian kerja. Disini sarapan atau mengkonsumsi makanan sebelum memulai aktivitas berperan dalam memberikan semangat atau dorongan untuk bekerja dengan optimal.  

Ada banyak faktor yang memengaruhi tingkat produktivitas kerja seseorang seperti keterampilan, hubungan dengan atasan dan rekan kerja, manajemen perusahaan, efisiensi tenaga kerja, jam kerja, serta salah satunya konsumsi makanan.

manfaat sarapan bagi produktivitas
Pola makan secara tidak langsung berpengaruh dalam kita beraktivitas sehari-hari.
Photo by Cathryn Lavery on Unsplash

Manfaat sarapan dan produktivitas kerja

Kondisi fisik yang sehat dan bertenaga berpengaruh langsung pada kemampuan seseorang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Sarapan dapat menyediakan Anda zat gizi yang diperlukan oleh tubuh seperti energi, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Sarapan juga dapat membantu menjaga berat badan agar berada di angka ideal jika diikuti oleh pengaturan gizi dan porsi yang seimbang. Jika Anda memiliki tubuh sehat dan energi yang cukup, maka Anda dapat melakukan tugas atau pekerjaan dengan lebih fokus dan baik. Hal tersebut tentu berdampak pada kinerja dan prestasi kerja Anda kemudian.

konsumsi makanan dan produktivitas kerja
Ketika asupan makanan tercukupi tubuh kita memiliki stamina yang cukup untuk berpikir dan bekerja.
Photo by Sander Dalhuisen on Unsplash

Persepsi tentang manfaat sarapan 

Meskipun banyak yang sudah sadar manfaat sarapan, namun masih banyak orang yang belum memiliki kebiasaan ini. Mengapa?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk tidak sarapan seperti:

  1. Tidak merasa lapar di pagi hari.
  2. Tidak merasa nyaman atau terbiasa untuk makan di pagi hari.
  3. Tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan dan/atau sarapan.

Diperlukan strategi agar seseorang mampu memulai kebiasaan sarapan. Strategi tersebut meliputi pemilihan makanan, manajemen waktu, dan akses terhadap makanan yang baik. Makanan seperti roti, sereal, oatmeal, susu, jus, buah potong, dan biskuit bisa dijadikan pilihan saat Anda tidak memiliki cukup waktu atau tidak terbiasa dengan sarapan. 

Makanan tersebut bersifat lebih ringan sehingga mampu diterima lebih baik oleh tubuh. Selain lebih ringan, Anda juga mampu menyiapkannya dengan lebih cepat. Selain menyiapkan sarapan di rumah, Anda juga bisa memperoleh sarapan dengan cara membeli melalui ojek online ataupun datang langsung ke tempat. Hal ini juga dapat mempersingkat waktu Anda untuk sarapan. 

persepsi tentang sarapan
Pemilihan porsi dan nutrisi yang tepat seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak sarapan.
Photo by Louis Hansel on Unsplash

Manfaat sarapan di waktu kerja

Sarapan juga membuat Anda dapat mengatur pola makan agar lebih teratur. Rutin sarapan membantu Anda dalam mengatur pola makan siang karena Anda tidak berada di fase ‘kelaparan’ setelah beraktivitas dari pagi hingga jam makan siang tiba. 

Dengan melewatkan sarapan, seseorang cenderung lebih lapar pada siang hari dan menyebabkan konsumsi makanan berlebih. Sebagian orang mengalami ngantuk, perasaan malas, hingga gangguan perut akibat makan berlebih pada siang hari. Dengan mengkonsumsi makanan di pagi hari Anda akan cenderung mengkonsumsi makanan berlebih pada siang hari atau pada saat istirahat kerja.

konsumsi makan berlebih
Kelaparan yang ekstrim akan cenderung membuat Anda makan lebih banyak pada periode makan selanjutnya.
Photo by Luisa Brimble on Unsplash

Mulai membangun kebiasaan sarapan

Sebetulnya, kebiasaan sarapan mampu dibangun dan dibiasakan. Ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa Anda pilih untuk menu sarapan. Namun, Anda harus tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi, baik makanan yang Anda buat di rumah ataupun yang Anda beli dari luar. 

Makanan yang dikonsumsi sebaiknya memenuhi prinsip gizi seimbang serta tidak mengandung gula, garam, dan lemak berlebih. Makanan siap saji, berlemak, kurang sayur, serta minuman yang mengandung gula tambahan seperti sirup, kola, teh manis, kopi susu, dan lainnya sebaiknya dibatasi dalam sarapan Anda. Jadi tunggu apalagi, mari mulai bentuk kebiasaan sarapan guna meningkatkan produktivitas kerja Anda. 

kebiasaan sarapan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan akan membantu Anda bekerja lebih optimal tanpa takut kelaparan ditengah jalan.
Photo by Luisa Brimble on Unsplash
Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.

Meet Deskimo

Deskimo is a platform that connects professionals with on-demand workspaces, enabling them to find and book hot desks, meeting rooms, and other facilities in real-time.

Find a workspace wherever you are
Find your ideal office within walking distance from Deskimo’s diverse and distributed network of locations.
No need to reserve ahead of time
Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.
Never pay

for unused time
No subscriptions or commitments. With Deskimo, pay only for the time that you use, not a minute more.