Menjadi Freelancer: Cara Memulai dan Potensi Karirnya

February 5, 2022
Freelancer

Table of Contents

Freelance job atau pekerjaan lepas adalah sebuah tren bekerja yang sangat digemari sejak beberapa tahun belakangan ini. Salah satu faktor penentu mengapa freelance job sangat digemari adalah karena fleksibilitas dalam bekerja. Meski cukup ramai dibicarakan, cara untuk memulai menjadi freelancer cukup variatif dan belum tentu semua orang mengetahui, terlebih lagi mempraktekannya.

Apa itu freelance job?

Freelance job merupakan gaya bekerja dimana seseorang bekerja untuk dirinya sendiri, tanpa terikat pada sebuah perusahaan dan dibayar sesuai kontribusi sang freelancer. Umumnya freelance job tidak mengharuskan pekerja untuk datang ke kantor atau secara remote working. Orang yang bekerja secara freelance disebut freelancer atau pekerja lepas dan kegiatan dalam mencari dan menerima pekerjaan lepas disebut freelancing.

Bekerja sesuai jangka waktu yang anda inginkan ketika freelancing
Bekerja secara lepas dan tidak terikat komitmen jangka panjang.

Cara kerja freelancer

Freelancer memiliki cara kerja yang terbilang sangat fleksibel. Mulai dari menentukan tipe klien yang ingin dipilih, menentukan lingkup pekerjaan, hingga bayaran atau gaji yang diinginkan. Cara kerja inilah yang menjadi sorotan bagi mayoritas orang ingin beralih menjadi pekerja lepas.

Bekerja secara fleksibel dengan menjadi freelancer
Pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda.

Skala kerja freelancer

Dengan fleksibilitas dalam menentukan hal terkait pekerjaan yang cukup tinggi, seorang freelancer dapat juga menentukan skala pekerjaannya. Umumnya, seorang freelancer tingkat pemula akan mengambil pekerjaan jangka pendek untuk memulai. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, skala pekerjaan yang diambil cenderung lebih banyak ataupun jangka panjang.

skala kerja freelance ditentukan bersama klien atau perusahaan
Skala pekerjaan selama freelancing ditentukan sesuai kesepakatan.

Tahun 2020 jumlah freelancer meningkat pesat

Pada saat pertengahan pandemi, banyak pekerja yang mulai menemukan banyak peluang untuk bekerja di rumah melalui freelancing. Menurut data BPS 33,34 juta orang bekerja paruh waktu atau freelancer per Agustus 2020. Terjadi banyak pemutusan hubungan kerja (PHK) yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dikarenakan penyebaran COVID-19. Para pekerja tersebut mulai beramai-ramai untuk memulai karirnya sebagai pekerja lepas untuk mendapatkan penghasilan.

Seiring berjalannya waktu mulai banyak bermunculan kesaksian bahwa bekerja freelance memberikan banyak manfaat dan sangat mungkin untuk dilakukan. Alasan utamanya adalah keinginan untuk mencapai sebuah work-life balance yang baik dari flexible freelance job

Pertumbuhan jumlah freelancer
Freelancing memberikan banyak keuntungan salah satunya kebebasan tempat bekerja.

Menjadi freelancer sangat berpotensi mendapatkan gaji besar

Jika Anda secara disiplin dan konsisten mempertahankan kinerja Anda, gaji besar bukanlah menjadi masalah. Freelancing dapat menjangkau klien luar negeri jika Anda menguasai bahasa asing dan yang sering digunakan adalah bahasa inggris. Tentu Anda dapat menentukan rate Anda sesuai dengan rate rata-rata profesi di negara klien Anda berada. 

Gaji besar mengikuti karir seorang freelancer
Jika anda sudah memiliki banyak pengalaman dan review baik, gaji besar bukan hal sulit.

Menjadi freelancer artinya juga harus tahu tempat kerja satu ini!

Menurut survei, freelancer sejumlah 42% menggunakan co-working space. Hal ini disebabkan karena tingkat distraksi yang rendah dan kenyamanan saat berada di co-working space

Jumlah co-working space juga ikut bertambah seiring dengan kenaikan jumlah freelancer yang menginginkan kenyamanan bekerja. Deskimo membantu pekerja full-time maupun pekerja lepas menemukan workdesk dan meeting room terdekat dari tempat tinggal mereka. Adapun layanan ini tersedia di Singapura, Hongkong, dan Jakarta. Sehingga pekerja freelance akan lebih mudah untuk menemukan co-working space yang dapat diandalkan untuk bekerja.

5 cara menjadi freelancer tahun 2022

Menjadi freelancer bukanlah hal yang sulit namun juga dapat dianggap remeh. Ada beberapa syarat yang membutuhkan inisiatif lebih agar bisa sukses sebagai freelancer. Pada artikel ini Anda akan mengetahui langkah awal memulai karir menjadi freelancer yang telah disesuaikan dengan tren tahun 2022.

1. Pelajari sebuah hardskill dulu untuk jadi freelancer

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan tentu hal pertama yang harus dipersiapkan adalah hardskill. Pada tahun 2022 hardskill yang umumnya dimiliki freelancer adalah kemampuan pada industri digital. Kemampuan yang populer adalah software engineering, graphic design, copywriting, dan lain-lain.

Tidak hanya itu jika Anda ingin menjangkau klien luar negeri pastikan Anda menguasai setidaknya bahasa inggris secara lancar.  Anda dapat mempelajari hardskill dan bahasa asing yang dibutuhkan melalui bootcamp, kursus online, atau mengambil perkuliahan.

hardskill merupakan syarat utama yang perlu dipenuhi jika ingin menjadi freelancer
Hard skill diperlukan untuk modal anda bekerja, pastikan pilih yang dapat dikerjakan secara remote.

2. Mengikuti free/paid internship

Jika Anda sudah menguasai hardskill yang Anda pilih, pastikan Anda mengikuti sebuah internship atau magang. Gunanya adalah untuk memberikan gambaran akan dunia kerja yang segera Anda masuki.

Pastikan Anda belajar banyak hal pada saat fase magang. Mulai dari cara berkomunikasi hingga tugas teknis yang diberikan kepada Anda. Konsep internship atau magang tidak selalu Anda harus datang ke kantor. Ada beberapa perusahaan yang menerima intern yang bekerja secara remote

internship membantu anda untuk lebih mengenal dunia kerja
Internship berguna untuk melatih anda berhadapan dengan proyek dan klien komersial.

3. Membangun personal branding sambil memulai

Personal branding sangat berpengaruh pada karir Anda sebagai freelancer. Sebagai seseorang yang menjual jasanya, Anda harus memberi tahu orang banyak bahwa Anda menjual jasa. Membangun personal branding dapat dimulai dari social media yang paling sering Anda gunakan. Disitu Anda dapat mulai memberikan konten yang berkualitas seputar profesi freelance Anda.

Personal branding juga dapat meningkatkan kredibilitas Anda di mata calon klien dan juga orang sekitar Anda. Dari situlah kesempatan Anda untuk menjangkau klien dan proyek akan lebih besar. 

Personal branding sangat penting untuk menawarkan service
Gunakan platform media dimana target konsumen anda berada dan bagikan value atau insight gratis akan skill anda.

4. Mengumpulkan portofolio real project sebelum menjadi freelancer

Portofolio adalah hasil dari kinerja Anda baik di proyek gratis maupun berbayar. Lakukan yang terbaik pada setiap proyek Anda meskipun proyek gratis. Poin terpenting dari portofolio adalah semakin Anda mengerjakan proyek yang rumit, semakin terlihat seberapa kemampuan Anda. Mulailah untuk menghubungi teman Anda untuk menawarkan jasa Anda untuk mendapatkan portofolio pertama.

portfolio merupakan kunci menjadi freelancer
Karir freelancer sangat bergantung dengan portfolio.

5. Bergabung ke beberapa platform freelance terpercaya

Sambil Anda mengumpulkan portfolio, mulailah mendaftarkan diri ke platform freelance dengan review baik. Rekomendasi platform freelance dengan review terbaik adalah turing.com, toptal.com, dan peopleperhour.com. Untuk platform freelance Indonesia Anda dapat mengunjungi projects.co.id, sribulancer.com, dan freelancer.co.id

Platform freelance ini akan membantu Anda menjangkau klien lintas negara dan lintas skala pekerjaan. 

Menjadi freelancer dengan mengunjungi job marketplace
Platform freelance membantu anda menemukan pekerjaan yang sesuai kemampuan dan preferensi anda.

Cara diatas akan sangat membantu jika dilakukan dengan konsisten dan disiplin. Pastikan anda benar-benar mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum memasuki dunia freelance. JIka anda sudah menjadi freelancer 5 cara tadi dapat membantu anda dalam mengembangkan karir anda untuk menjangkau klien yang lebih besar. 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.