Ergonomis Coworking Space: Tempat Bekerja yang Ideal

February 9, 2022
ergonomic

Table of Contents

Persebaran coworking space menjadi safehouse para pekerja remote maupun hybrid untuk menjangkau lingkungan kerja yang ergonomis. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak setiap orang menyadari pentingnya lingkungan kerja yang ideal namun membutuhkannya. Mulai dari tata ruang sebuah kantor hingga fitur keamanan yang tersedia seharusnya didapatkan oleh setiap pekerja. 

Apa itu tempat kerja yang ergonomis?

Tempat kerja yang ergonomis merupakan tempat yang dirancang dengan baik guna mendukung proses kerja. Mulai dari desain interior dan pengaturan meja kerja, hingga tersedianya fitur keamanan. 

Pengaturan meja kerja yang dapat menyesuaikan posisi duduk yang ideal sering ditemui di coworking space. Oleh karena itulah coworking space menjadi tempat yang nyaman bagi anda bekerja dan belajar dalam waktu yang relatif lama.

tempat duduk yang ergonomis meningkatkan produktivitas
Tempat duduk yang nyaman mencegah sakit pada bagian punggung belakang.

Tujuan ergonomis diterapkan

Hal ini mengacu pada fakta bahwa manusia memiliki kekurangan sehingga optimalisasi pada instrumen pada lingkungan kerja sangat dibutuhkan. 

Dengan kata lain tempat yang ideal dapat membantu memudahkan interaksi manusia dengan benda dan lingkungan disekitarnya. Setiap kali anda berada di tempat kerja yang cocok, anda akan merasa didukung oleh lingkungan kerja anda. Kekhawatiran akan hal lain diluar pekerjaan juga akan lebih minim terjadi karena mulai dari kebutuhan dasar ketika orang bekerja dan keamanan akan bahaya sudah dipersiapkan.

Contoh meja yang ergonomis
Tidak selamanya bekerja itu harus duduk, terkadang berdiri juga cukup nyaman.

Mengapa tempat kerja yang ideal itu penting 

Menurut BMJ Journals bahwa nyeri punggung bawah adalah penyakit di area kerja yang paling umum di dunia. Nyeri punggung merupakan akibat dari posisi duduk yang tidak tepat dalam waktu lama. Contoh tersebut merupakan salah satu urgensi mengapa area kerja yang memperhatikan tata ruang penting dalam menghindari nyering punggung.

Hal lain yang mendorong akan kebutuhan akan lingkungan yang ergonomis adalah mood ketika kerja lebih terjaga. Sebabnya sangat minim sekali distraksi yang dapat merusak mood ketika bekerja.

punggung yang sakit akibar tempat kerja yang tidak ideal
Kebanyakan duduk saat bekerja dapat menyebabkan sakit pada pundak hingga punggung badan.

Coworking space sebagai alternatif menemukan tempat kerja ideal

Tentu bekerja akan terasa sangat lebih nyaman jika berada di tempat yang tertata sangat baik dan cocok untuk bekerja. Namun ternyata untuk mewujudkan area kerja yang nyaman, anda perlu mengeluarkan biaya dan tenaga lebih untuk merancang ruang kerja pribadi anda. 

Ada cara lain untuk mendapatkan tempat kerja yang ergonomis kapanpun anda membutuhkannya. Coworking space yang dapat anda cari melalui Deskimo membantu anda menemukan workdesk dan meeting room terdekat. Selain itu anda hanya perlu membayar sesuai dengan durasi penggunaan saja. Tanpa proses yang rumit dan biaya yang mahal, anda dapat menikmati bekerja ergonomis di coworking space.

Coworking space merupakan tempat kerja ideal karena menggunakan prinsip ergonomis
Tempat kerja ideal yang terjangkau dan fleksibel: Coworking space.

3 Manfaat positif ketika berada di tempat kerja yang ergonomis

Ada beberapa manfaat yang akan anda dapatkan ketika bekerja di tempat kerja yang memperhatikan tata ruang dan keamanan. Hal ini disebabkan perasaan nyaman dan aman yang diberikan. 

  1. Meningkatkan produktivitas

Produktivitas anda akan meningkat ketika posisi duduk dan meja anda sangatlah ideal. Fokus anda akan lebih tercurahkan kepada pekerjaan dan bukan untuk mengurus posisi duduk yang tidak tepat. 

Meski anda harus bekerja dalam waktu lama, kursi yang ergonomis membantu anda untuk lelah lebih lama dibanding dengan kursi yang tidak ergonomi. 

  1. Mencegah resiko kecelakaan kerja

Coworking space dirancang untuk orang bekerja secara individu maupun berkelompok sehingga pertolongan pertama hingga fitur penunjang kerja cenderung lebih diperhatikan. 

Hal ini tentu akan membuat anda tidak khawatir akan kecelakaan kerja yang berpotensi terjadi ketika anda sedang fokus bekerja. Para staff dan admin di coworking space akan mengamankan tempat kerja anda. 

  1. Suasana yang kondusif dan minim distraksi

Memilih ruang kerja yang ergonomis akan menghindarkan anda dari berbagai distraksi. Tata ruang di coworking space sudah dirancang agar tidak menyebabkan anda kesulitan dalam bergerak. 

Ruang gerak yang minim dan tempat yang tidak tertata menyebabkan anda merasa tidak nyaman dan sulit memberikan fokus. 

Selain itu anda juga dihadapkan oleh pekerja lain yang juga sedang bekerja yang dapat menularkan semangat kerja positif kepada anda.

  1. Meningkatkan kepuasan dalam bekerja

 Setelah seharian anda memberikan fokus kepada pekerjaan anda dan juga merasa nyaman di coworking space. Hal itu akan membuat anda merasa lebih puas dalam bekerja hari itu. Permasalahan yang tidak kontributif pada pekerjaan anda berhasil anda lewati tanpa membuang waktu dan energi anda.

Selalu usahakan memilih tempat kerja yang cocok sebelum anda bekerja jika tidak ingin hari anda terganggu oleh nyeri punggung dan fokus anda terpecah karena merasa tidak nyaman.

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.