Creative Thinking: Skill Penting Dalam Berkarir di Tahun 2022

May 20, 2022
creative thinking

Table of Contents

Beberapa dari Anda mungkin sering mendengar pembahasan tentang creative thinking ketika mengikuti sebuah training pekerjaan atau video motivasi. Kemudian Anda berpikir sebenarnya apa yang dimaksud dengan berpikir kreatif dan cara menguasainya. Berpikir secara kreatif merupakan kemampuan yang wajib dimiliki pekerja masa kini untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja. Sebab, kemampuan ini tidak diajarkan melalui sebuah kursus apalagi subjek pelajaran akademis. 

Mengenal creative thinking yang sering dibicarakan tokoh sukses

Seringkali pada saat membaca kualifikasi sebuah posisi kerja pada job vacancy, Anda melihat syarat yang mengharuskan Anda mampu berpikir kreatif. Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk mempertimbangkan sesuatu dengan metode dan perspektif baru. Pemilik bisnis hampir di semua industri menginginkan karyawan yang dapat berpikir kreatif dan membawa perspektif baru ke tempat kerja. Tujuannya adalah agar dapat menyelesaikan masalah yang terjadi diluar rencana. Dalam dunia kerja tidak semua rencana dapat terlaksana dengan mulus, banyak situasi yang membutuhkan penanganan secara kreatif dalam penyelesaiannya. 

Tentu dalam penerapannya creative thinking tidak serta merta hanya mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi saja. Namun membutuhkan keberanian dalam eksekusinya, karena solusi baru tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. It’s either good enough, or it will ruin everything. 

definisi creative thinking
Berpikir secara kreatif adalah kemampuan untuk melihat sebuah hal dari sisi yang berbeda.
Foto oleh Jeswin Thomas dari Pexels

Pentingnya creative thinking dalam berkarir masa kini

Setiap posisi memiliki beban dan tanggung jawabnya sendiri, berikut dengan konsekuensinya. Ketidakmampuan dalam menemukan solusi dan mengeksekusinya akan memiliki resikonya sendiri. Apabila Anda tidak dapat menyelesaikan masalah kerja Anda, kemungkinan buruk yang akan terjadi adalah kerugian pada diri Anda sendiri dan juga perusahaan. Namun apabila Anda mampu menemukan solusi dan mengeksekusinya sesuai dengan situasi dan kondisi yang diperlukan, Anda dapat mempertahankan pekerjaan Anda dan bahkan mendapat reward berupa promosi. 

Creative thinking merupakan cara Anda agar dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Sebegitu pentingnya problem solving bagi Anda yang sedang meniti karir. Tidak banyak orang yang berani dan memiliki keinginan melatih cara pikir kreatif karena relatif sulit karena membutuhkan fokus kerja yang tinggi dan beresiko. Tentu dalam perspektif perusahaan, mereka menginginkan sebuah terobosan baru yang membangun dan menguntungkan. 

pentingnya creative thinking
Semakin hari persaingan semakin ketat, sebuah terobosan baru sangat diperlukan.
Foto oleh Ricardo Esquivel dari Pexels

Tantangan melatih creative thinking bagi pekerja 

Tidak semua orang lahir berani dalam berpikir dengan cara yang baru atau tidak biasa. Tentu hal tersebut membuat orang jadi melupakan aspek inisiatif dalam berpikir. Terlebih, penerimaan akan pola pikir yang relatif kreatif atau out of the box kurang mendapat apresiasi di masyarakat, sehingga ketika terjun kedalam dunia kerja seseorang sudah lekat dengan mindset untuk berpikir “aman”. 

Namun dunia kerja sudah berubah, keamanan dalam berpikir dan pendapat sudah tidak lagi benar-benar aman. Mereka yang berani memecahkan masalah secara kreatif dan tidak biasa, semakin mendapatkan apresiasi dan promosi. Keinginan untuk berkembang dan menang dalam kompetisi lebih tinggi daripada ketakutannya pada kegagalan. Mindset tersebut umumnya dimiliki oleh seorang pekerja yang teachable dan fokus terhadap perkembangan dirinya. Terlepas hal itu, dalam berpikir kreatif seseorang dapat mengalami burnout hingga stress apabila tidak memperhatikan kondisi mental dan fisiknya. Kelelahan dan kurangnya istirahat kerja dapat memicu resiko tersebut lebih tinggi. 

tantangan dalam memecahkan masalah
Menyampaikan ide kreatif membutuhkan keberanian dan analisa resiko.
Foto oleh Monstera dari Pexels

Cara untuk melatih creative thinking agar dapat bersaing dalam karir di tahun 2022

Pada dasarnya berpikir merupakan hasil olah data akan berbagai skema berpikir yang Anda serap. Cara terbaik untuk melatihnya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan brainstorm dan roleplay bersama tim 

Langkah mudah pertama adalah mulai membiasakan brainstorm dan roleplay bersama tim. Caranya adalah dengan bersama-sama mengidentifikasi masalah secara mendetail, dan melakukan roleplay terhadap setiap stakeholder terlibat. Pastikan Anda menganalisa setiap karakteristik stakeholder tersebut dan segala kecenderungannya menjadi salah satu stakeholder tersebut. Dengan melakukan pembedahan yang mendetail Anda akan mendapat lebih banyak opsi dalam eksplorasi masalah hingga solusi. 

2. Jika perdebatan diperlukan maka terjadilah

Seringkali dalam brainstorm ataupun dalam rapat seseorang sangat takut mengutarakan opininya. Padahal dalam sesi brainstorm atau diskusi bersama tim, perdebatan atau tukar opini sangatlah normal terjadi. Coba untuk mengutarakan opini Anda secara asertif dalam diskusi. Sehingga tidak ada sebuah ide terlewatkan karena tidak diutarakan. Hal ini juga memicu orang lain untuk berpikir lebih dalam dan kritis akan pendapat Anda yang berpotensi menjadi akar masalah atau sebuah pintu menuju solusi. 

3. Temui berbagai orang dan sharing untuk mendapat perspektif baru

Coba untuk mengadakan sesi sharing dengan orang baru atau teman Anda yang jarang Anda temui. Umumnya dari sekian banyak kolega yang Anda ajak sharing, beberapa dari mereka cenderung membawa perspektif yang berbeda dari kebanyakan. Cari tahu mengapa ia dapat berpikir demikian beserta justifikasinya. Dari situ Anda akan memiliki bahan pikir yang lebih banyak dan variatif akan sebuah permasalahan. Perlu Anda catat bahwa tidak setiap orang memiliki jawaban yang sama atas sebuah persoalan yang sama. Sehingga untuk dapat melatihnya secara maksimal Anda pertama perlu untuk melihat sosok orang yang telah terbiasa melakukannya. 

4. Pilih tempat yang kondusif untuk berpikir dan mencari solusi

Seringkali ketika terbawa dalam sebuah aktivitas berpikir Anda akan jarang menyadari tempat dimana Anda sedang melakukannya. Memang sebuah tempat tidak menjamin sebuah munculnya solusi, namun setidaknya membantu Anda untuk berpikir secara lebih nyaman dan kondusif. Jika rumah kurang tepat dan cafe terlalu ramai, Anda dapat kapan saja memanfaatkan hotdesk yang terdapat pada coworking space

Menemukan coworking space sangatlah mudah Anda akses melalui Deskimo. Pilih berbagai ruang kerja nyaman untuk Anda dapat berpikir dan mencari solusi terdekat Anda. Datang, scan, dan Anda siap untuk produktif seharian tanpa distraksi berlebih. 

melatih diri untuk berpikir kreatif
Semakin banyak skema dalam otak, semakin banyak pula sumber untuk berpikir.
Foto oleh mentatdgt dari Pexels

Manfaat kebiasaan berpikir kreatif dalam dunia kerja

Selain Anda dikenal sebagai sosok pekerja yang kreatif, Anda dirasa dapat diandalkan oleh tim dalam berbagai aspek pada pekerjaan. Melalui jam terbang yang tinggi dalam melakukan problem solving pada urusan kerja Anda, tentu hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi perusahaan pada akhirnya. Sehingga sangat mungkin bagi Anda menjadi aset bagi perusahaan agar dapat berjalan secara maksimal. Tentu manfaat lainnya dapat berupa promosi dan juga bonus. Keuntungan tersebut dapat terus Anda rasakan selama Anda dapat mempertahankan kinerja Anda dan terus berinovasi. 

manfaat berpikir kreatif dalam karir
Apabila dieksekusi dan ditelaah dengan baik, sebuah ide kreatif akan memberikan reward yang sesuai.
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Manfaatnya bagi tim adalah Anda dapat menjadi role model bagi pekerja lain untuk berani melatih diri untuk berpikir kreatif. Sehingga dapat meningkatkan kualitas berpikir pekerja didalam maupun diluar perusahaan. Banyak orang akan terinspirasi dengan cara Anda menyelesaikan masalah, tentu hal tersebut akan membuka peluang karir yang lebih positif dan baik dalam jangka panjang. 

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.

Meet Deskimo

Deskimo is a platform that connects professionals with on-demand workspaces, enabling them to find and book hot desks, meeting rooms, and other facilities in real-time.

Find a workspace wherever you are
Find your ideal office within walking distance from Deskimo’s diverse and distributed network of locations.
No need to reserve ahead of time
Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.
Never pay

for unused time
No subscriptions or commitments. With Deskimo, pay only for the time that you use, not a minute more.