Digital Nomad: Menghasilkan Uang Sambil Travelling

February 24, 2022
digital nomad enjoying life

Table of Contents

Menjadi pengembara digital atau sering disebut sebagai digital nomad merupakan flexible working impian banyak orang. Bayangkan Anda dapat bekerja di berbagai tempat yang Anda inginkan sekaligus berlibur. Hal ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan teknologi yang memungkinkan bekerja sambil travelling. Internet sudah tersebar di hampir setiap tempat, hal itu tentu memudahkan pekerjaan remote Anda. 

Apa itu digital nomad:

Digital nomad merupakan sebutan bagi pekerja remote yang bekerja baik part-time maupun full-time yang hobi berpindah tempat kerja. Umumnya, pekerja remote ini sangat menyukai tempat seperti coffee shop, coworking space, hingga pantai untuk bekerja. Menjadi seorang pengembara digital, Anda memiliki kesempatan untuk keliling dunia dan mencoba setiap flexible workspace di berbagai negara. 


Flexible working sambil berpindah tempat sangat mungkin dilakukan

Anda dapat menjadi digital nomad, jika pekerjaan Anda dapat dikerjakan secara remote. Fleksibilitas pekerjaan remote memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal kerja Anda sendiri. Anda terbebas dari jam kerja kantor yang mengekang. Selama Anda terkoneksi dengan internet yang stabil Anda dapat bekerja di mana pun.

Menurut Buffer, hampir 90% pekerja remote akan tetap bekerja secara remote hingga akhir karirnya. Dapat disimpulkan bahwa para pekerja remote ini mendapat banyak keuntungan bekerja. Salah satu yang paling menjadi daya tarik adalah kebebasan dalam menentukan preferensi sistem kerja. 

Digital nomad mengharuskan pekerjaan yang dapat di kerjakan secara remote
Bekerja dimanapun dan kapanpun yang Anda inginkan.

Pro dan kontra menjadi digital nomad

Bekerja jarak jauh sambil berlibur memanglah sangat menyenangkan. Namun, Anda perlu mempersiapkan diri akan sisi lain dari sistem kerja sambil traveling ini. 

Pertimbangkan pro dan kontra menjadi digital nomad dibawah ini sebelum Anda memutuskan untuk memulai.

Pro: 

  1. Flexible working

Keuntungan paling utama menjadi digital nomad adalah fleksibilitas dalam bekerja. Selama remote working Anda dapat mengatur kapan untuk bekerja dan kapan untuk bersantai. Selama progress kerja Anda tidak terganggu dan tetap memenuhi target kerja, Anda akan baik-baik saja.

Mengatur jadwal kerja mejadi lebih flexible
Menghasilkan uang sambil menikmati petualangan berpindah tempat
  1. Liburan

Pergi ke tempat liburan yang Anda impikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan Anda. Selama Anda bisa terhubung dengan koneksi internet, tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi tempat tersebut. Remote working memudahkan Anda untuk berlibur dan menikmati keindahan  sebuah tempat.

Nikmati liburan sambil bekerja
Wujudkan liburan impian Anda dan tetap bekerja dengan optimal.
  1. Membangun relasi

Selama Anda melakukan perjalanan, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Jika beruntung Anda dapat bertemu dengan para pengembara lainnya. Cara untuk mulai membangun relasi paling mudah adalah dengan mengunjungi coworking space lokal. Umumnya, orang-orang disana dapat memberikan insight lokal yang berguna selama Anda remote working di wilayah tersebut. 

Membangun relasi sangat penting bagi digital nomad
Membangun relasi dengan “locals” sangat mempermudah perjalanan Anda di sebuah negara.

Kontra:

  1. Homesick

Rasa rindu terhadap keluarga sangat sulit ditebak kapan munculnya. Jika Anda sedang berada ditempat yang cukup jauh dan rindu keluarga, Anda harus menahannya. Biaya lebih harus Anda keluarkan apabila ingin berpindah tempat sambil rutin pulang ke rumah untuk melepas rindu. Jauh dari keluarga merupakan konsekuensi dasar seorang pengembara digital yang perlu Anda pertimbangkan. 

  1. Kesepian

Selama perjalanan Anda, akan ada banyak faktor yang membuat Anda sulit menemukan partner. Perbedaan preferensi dan kebiasaan bekerja membuat Anda cenderung melakukan semuanya sendiri agar tetap merasa nyaman. Tentu hal itu menyebabkan Anda merasa kesepian cepat atau lambat. Ditambah dengan adanya perbedaan bahasa dan budaya, terkadang dapat membuat Anda merasa terasing.. 

  1. Kendala administratif

Untuk bepergian ke luar negeri tentu ada banyak hal administratif yang perlu Anda penuhi. Mulai dari paspor, visa, hingga asuransi harus Anda persiapkan dengan penuh pertimbangan. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah Anda tidak dapat berpindah atau tertangkap karena bepergian secara ilegal. Terlebih jika ada hal yang diluar bayangan Anda yang dapat mempersulit perjalanan Anda seperti hilangnya dompet. Sangat sulit untuk mencari bantuan di negara yang mungkin baru Anda kunjungi dan tidak ada relasi. 

Cara untuk memulai menjadi digital nomad:

Jika Anda sudah mempertimbangkan secara matang untuk menjadi seorang pengembara digital, ini cara memulainya.

Pastikan pekerjaan Anda dapat dikerjakan secara remote

Pekerjaan Anda merupakan penentu apakah Anda dapat menjadi pengembara digital atau tidak. Jika pekerjaan dapat dikerjakan secara remote dan memiliki fleksibilitas waktu, kesempatan terbuka lebar. Namun, jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda bekerja ke kantor, Anda perlu memikirkan ulang kembali rencana ini.

Persiapkan budget yang cukup

Budget mengambil peranan pentingpenting ketika Anda berencana untuk remote working sekaligus travelling. Buat rencana pengeluaran yang mendetail. Mulai dari tiket transportasi dan akomodasi, makanan, laundry, transportasi dan biaya lainnya yang akan menjadi pengeluaran tetap Anda. Pastikan Anda juga menambahkan biaya tak terduga sekitar 10-20% dari total perkiraan pengeluaran. Dengan mempersiapkan budget yang matang, Anda akan merasakan pengalaman bekerja sambil berlibur dengan lebih nyaman. 

Informasikan kepada klien atau perusahaan

Memang pekerjaan Anda sangatlah fleksibel, namun akan lebih bijak jika Anda memberi tahu klien atau perusahaan Anda. Hal ini untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan untuk ajakan bertemu secara tatap muka selama Anda pergi. Jadi, baik Anda dan klien atau perusahaan dapat menyesuaikan jadwal yang sesuai untuk kedua pihak.

Packing barang yang dibutuhkan

Selalu persiapkan barang bawaan Anda dengan baik, perkirakan barang apa saja yang Anda butuhkan selama bepergian. Buat catatan terlebih dahulu akan semua barang yang akan Anda butuhkan. Banyak sumber yang dapat memberikan Anda inspirasi untuk packing barang. Laptop dan pocket Wi-Fi tentu akan sangat Anda butuhkan ketika bepergian.

Hal serupa juga perlu Anda berlakukan terhadap surat-surat atau dokumen pribadi sebagai syarat bepergian. Pastikan Anda membawa lebih dari 1 salinan akan dokumen tersebut untuk berjaga-jaga. Contoh dokumen yang penting adalah KTP atau SIM, visa, paspor, dan sertifikat vaksin.

Digital nomad memberikan banyak kebebasan namun juga dengan konsekuensi
Persiapkan diri yang matang sebelum memutuskan untuk bepergian sambil bekerja.

Tips bekerja selama travelling sebagai digital nomad

tips untuk memulai sebagai digital nomad

Buat jadwal untuk bekerja dan bersantai

Flexible working mendorong Anda untuk patuh terhadap rencana yang Anda buat sendiri. Akan sangat efektif apabila Anda membuat jadwal untuk remote working dan bersantai. Remote working sambil berlibur membuat Anda lebih termotivasi bekerja agar dapat segera bersantai dan menikmati liburan Anda. Kunci untuk mempertahankan kualitas berlibur Anda adalah tetap mengontrol diri untuk mengikuti jadwal dengan baik. Bahkan hal tersebut akan menciptakan work-life balance yang baik untuk Anda.

Ikuti komunitas digital nomad

Untuk membantu Anda mendapatkan informasi terkini akan sebuah tempat, ada baiknya jika Anda mengikuti komunitas digital nomad. Selain Anda dapat memiliki teman di tempat tujuan Anda, kesempatan untuk berkolaborasi dan saling bantu sangat terbuka lebar. Hal ini disebabkan oleh latar belakang yang mirip, menciptakan rasa kebersamaan. 

Kunjungi coworking space lokal terbaik

Coworking space tiap negara menawarkan berbagai suasana kerja. Hal itu disebabkan oleh kultur setempat yang mempengaruhi desain dan pengelolaan coworking space tersebut. Selain menikmati suasana yang variatif Anda juga dapat mulai membangun relasi yang baik dengan pengguna lain disana.

coworking space sebagai alternatif tempat kerja selama remote working

Jika Anda berencana bepergian ke Hongkong, Singapura, dan Jakarta, temukan coworking space dan meeting room terdekat melalui Deskimo. Sewa workdesk dan meeting room untuk flexible working selama mengembara. Tanpa ribet dan bayar sesuai waktu penggunaan saja.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.