Diskusi Dalam Tim: Kebersamaan dan Produktivitas

March 8, 2022
diskusi dalam tim di coworking space

Table of Contents

Banyak aspek diskusi dalam tim yang terkikis oleh perkembangan teknologi. Tidak bisa disangkal bahwa diskusi virtual kurang membangun koneksi antar manusianya. Keterbatasan akan teknologi dalam memfasilitasi sebuah diskusi ideal menjadi penyebabnya. Memang dengan adanya fitur video conference, seseorang dapat menunjukkan ekspresi wajah ketika berbicara. Namun banyak komunikasi non-verbal lain yang tidak dapat tersampaikan selain bertemu secara fisik. 

Pengertian diskusi dalam tim

Menurut Merriam-Webster, diskusi kelompok adalah diskusi yang melibatkan sejumlah orang yang terhubung oleh beberapa aktivitas, minat, atau kualitas bersama. Selama Anda bekerja, orang yang terhubung dengan Anda adalah rekan kerja Anda. Syarat mengapa diskusi itu diperlukan adalah karena ada kesamaan tujuan yang harus diraih bersama. Selama Anda bekerja bersama orang lain, diskusi yang sehat merupakan sebuah cara agar Anda merasa dipahami dan memahami. 

Ada banyak masalah timbul ketika sebuah diskusi dilewatkan. Perbedaan ekspektasi terhadap progress dan hambatan menjadi awal perdebatan. Tidak adanya diskusi yang sehat, memicu tindakan menyalahkan satu sama lain atas sebuah kegagalan. Oleh karena itu diskusi memiliki peran penting untuk mendeteksi adanya masalah yang mungkin terjadi. 

diskusi dalam tim yang berguna untuk mendekatkan diri
Diskusi bersama rekan kerja adalah cara untuk mendekatkan diri satu sama lain.

Pentingnya diskusi dalam tim untuk membangun rasa kebersamaan

Diskusi merupakan cara sekelompok tim dalam menyuarakan pendapat atau mengekspresikan sebuah perasaan. Ketika bekerja Anda tidak hanya berkomunikasi tentang hal teknis, namun juga hal non-teknis. Sebagai perumpamaan adalah ketika ingin menyampaikan opini pribadi tentang evaluasi kerja. Topik obrolan tersebut tentu membutuhkan suasana berbicara yang lebih santai dan ekspresif. Tujuannya agar tidak terjadi miskomunikasi berkepanjangan.

rasa kebersamaan muncul ketika berdiskusi
Beban kerja yang berat akan terasa lebih ringan jika dikerjakan bersama-sama.


Manfaat diskusi dalam tim dan hubunganya dengan produktivitas

1. Terbuka dengan perspektif baru

Selama berada di lingkungan kerja, Anda diharapkan untuk dapat menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja. Kerja sama dapat terjalin apabila Anda mengenali cara pandang rekan kerja. Diskusi dapat menjadi media untuk Anda menerima cara pandang yang baru. Tujuannya untuk dapat memperoleh input positif lebih banyak. Sehingga sebuah tujuan diskusi dapat tercapai dengan lebih mudah. 

2. Mengingatkan satu sama lain

Diskusi menjadi media bagi tim Anda untuk saling mengingatkan. Tujuannya untuk menjalin rasa solidaritas dalam bekerja yang bermanfaat bagi produktivitas selama di kantor. Mengingatkan rekan kerja ketika mereka lengah akan suatu hal menunjukan bahwa Anda peduli. 

3. Pemecahan masalah menjadi relatif ringan

Diskusi dalam tim memberikan pemahaman mendalam akan proyek yang sedang dikerjakan. Namun, terkadang sebuah tugas atau proyek umumnya datang dengan berbagai rintangan. Pemecahan masalah dalam tim akan mudah dilakukan karena ada banyak orang tergabung dalam prosesnya. Sehingga akan ada banyak waktu yang dapat digunakan untuk mengeksekusi solusi dan tidak banyak membuang waktu dipencarian solusi. Meski hal ini sangat relatif tergantung dari beban masalah, namun jika didiskusikan bersama, akan terasa jauh lebih ringan. 

pemecahan masalah melalui diskusi dalam tim
Terkadang butuh lebih dari satu orang untuk memecahkan sebuah masalah.

Cara membangun diskusi dalam tim yang sehat 

1. Menentukan tujuan diskusi

Tujuan diskusi diperlukan dalam memberikan sasaran sebuah diskusi. Gunanya adalah agar pembahasan sebuah topik tidak berputar-putar dan membingungkan. Rancang sebuah tujuan diskusi yang realistis agar dapat dicapai setiap orang yang termasuk didalamnya. Seringkali dalam sebuah diskusi perdebatan terjadi dan hal tersebut sangat wajar. Namun perlu di kontrol sejauh apa perdebatannya, agar lebih efisien waktu.

2. Mengatur alur pembicaraan

Untuk menciptakan suasana diskusi yang sehat, alur pembicaraan diperlukan. Tujuannya adalah agar dapat memberikan kesempatan yang adil bagi setiap anggota tim. Tentu Anda tidak menginginkan jika setiap anggota berebutan untuk menyampaikan pendapat. Cara mengatur alur adalah dengan menentukan seorang moderator untuk memimpin dan menunjuk anggota untuk menyampaikan pendapat.  Kemudian lakukan sesi tanya jawab setelah setiap anggota menyampaikan pendapatnya. Dengan begitu setiap anggota merasa didengar tanpa merasa ditinggalkan.

3. Memahami rekan kerja ketika berbicara

Memahami sebuah opini membutuhkan perhatian lebih daripada hanya sekedar mendengar. Tujuannya adalah untuk dapat menyamakan perspektif akan sebuah pernyataan. Cara untuk memahami rekan kerja ketika berbicara adalah untuk lebih mendekatkan diri dan membiasakan active listening. Menurut Skillsyouneed, Active listening adalah ‘Mendengarkan secara aktif’ yang sepenuhnya berkonsentrasi pada apa yang dikatakan daripada hanya secara pasif ‘mendengar’ pesan pembicara.

Sehingga selain Anda dapat memahami isi pesan lebih baik, rekan Anda yang sedang berbicara akan merasa didengarkan.

Diskusi sehat dalam meeting room
Menciptakan diskusi sehat sebagai bentuk budaya kerja yang perlu dipertahankan.


Melakukan diskusi dalam tim di coworking space

Pemilihan tempat ketika hendak melakukan diskusi mempengaruhi suasana yang akan muncul nantinya. Coworking space dapat Anda jadikan pilihan utama dalam mengadakan diskusi bersama tim. Hal ini disebabkan coworking space menyediakan berbagai fasilitas dan suasana di dalamnya sangat mendukung sebuah diskusi. Jika Anda mengunjungi Deskimo, ada banyak pilihan workspace terdekat Anda dengan workdesk dan on-demand meeting room. Tim Anda dapat menggunakan ruangan tersebut dan membayar sesuai durasi penggunaan saja. 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.