Efektivitas Kerja: Kunci Sukses Produktif Seharian

March 17, 2022
efektivitas kerja

Table of Contents

Efektivitas kerja sering kita dengar ketika rapat evaluasi kerja bersama tim. Para manager umumnya mendorong para pekerja untuk mencapai target yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Jika tidak tercapai maka seorang pekerja dianggap kurang efektif dalam bekerja. Namun ada banyak faktor yang dapat meningkatkan maupun menghambat progress kerja Anda. Mulai dari salah mengatur prioritas hingga membiarkan diri bekerja di situasi penuh distraksi.

Mengenal efektivitas kerja dengan lebih cermat

Banyak orang seringkali keliru ketika mengartikan kerja efektif sebagai aktivitas kerja dengan kuantitas kerja yang besar. Padahal letak penilaian kinerja seseorang dinilai dari kualitas pekerjaan. Efektivitas kerja adalah suatu ukuran dan kemampuan seseorang dalam mengerjakan tugas sesuai rencana yang sudah dipersiapkan. Tentu hal ini juga memasukan unsur ketepatan dalam memenuhi deadline. Singkatnya seseorang dianggap sudah efektif dalam bekerja apabila telah memenuhi target.

Pentingnya efektivitas kerja bagi mental health

Seringkali ketika bekerja seseorang tidak membuat sebuah target kerja harian. Sehingga hal tersebut berdampak pada rangkaian aktivitas hariannya. Ketika Anda tidak membuat sebuah target yang jelas dan realistis pada satu hari kerja, tentu Anda akan kerepotan untuk mengatur skala prioritas aktivitas. Kebiasaan tersebut akan membuat Anda kewalahan dalam bekerja karena tidak termonitor dan tertata secara rapi. Hal inilah yang menjadi akar Anda mudah burnout atau stres karena pekerjaan menumpuk atau sulit dikerjakan. 

Bekerja dengan lebih efektif mendorong Anda untuk lebih aware untuk mengatur pekerjaan Anda beserta step untuk mengerjakannya. Dengan begitu pekerjaan Anda terasa lebih ringan untuk dimulai dan dikerjakan.

efektivitas kerja membantu anda menjaga mental health
Manajemen pekerjaan yang baik mempermudah Anda menyelesaikannya

Tips mencapai efektivitas kerja yang jarang disadari

1. Membuat target kerja harian

Cobalah untuk membuat target kerja harian Anda. Mulai dengan mengatur dulu jenis pekerjaan beserta prioritasnya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui jumlah pekerjaan selama 1 minggu kedepan dan membagi pengerjaan dengan lebih baik. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memaksimalkan kualitas kerja Anda dan dapat menyelesaikannya tepat waktu. 

Dengan membuat target harian ini, setiap waktu yang Anda atur akan terasa lebih padat dan dimanfaatkan dengan baik. Ketika mengalami sebuah kebuntuan Anda dapat pindah dan mengerjakan pekerjaan lain yang ada dalam daftar Anda tanpa jeda yang berarti. 

target yang jelas untuk bekerja secara efektif
Target kerja membantu anda untuk mengatur skala prioritas antar tugas

2. Hindari prokrastinasi

Menunda pekerjaan menjadi faktor utama penghambat anda untuk bekerja secara efektif. Pastikan untuk sebisa mungkin tidak menunda pekerjaan kecuali ada hal urgent. Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan Anda sesuai dengan waktu dan target yang telah disiapkan. Komitmen untuk menghargai waktu kerja sangatlah berdampak pada kualitas kerja, bahkan kepuasan diri Anda nantinya. Jangan sampai Anda terkena masalah besar dalam karir Anda hanya karena Anda suka menunda pekerjaan.

prokrastinasi menjadi penghambat tercapainya efektivitas kerja
Jauhkan sementara handphone Anda selama durasi kerja agar fokus tetap terjaga.

3. Pilihan tempat kerja yang kondusif

Banyak pekerja melalui berbagai survei mengatakan bahwa tempat kerja mempengaruhi efektivitas mereka dalam bekerja. Studi dari CareerBuilder menyebutkan bahwa lingkungan kerja mempengaruhi produktivitas seseorang. Pilihlah tempat nyaman yang dapat mendukung agenda kerja Anda. Jika Anda merasa rumah kurang tepat untuk bekerja dan ke kantor terlalu membosankan, cobalah coworking space.

Temukan coworking space terdekat Anda untuk terjaminnya produktivitas melalui Deskimo. Dengan suasana kondusif dan nyaman Anda dapat memberikan fokus lebih kepada pekerjaan Anda. Selain itu coworking space menawarkan lingkungan kerja yang minim distraksi sehingga kepentingan kerja Anda dapat lebih terjaga kualitasnya. Deskimo memberikan Anda akses ke hotdesk dan meeting room terdekat dengan biaya sewa sesuai durasi penggunaan saja. 

coworking space menjadi tempat untuk anda bekerja dengan lebih efektif
Suasana tempat kerja Anda berkontribusi dalam meningkatkan fokus kerja Anda

4. Membangun hubungan sehat dengan tim

Performa kerja Anda akan cenderung lebih meningkat apabila tercipta hubungan baik dengan tim. Selain mendapat koordinasi dan komunikasi yang baik, Anda juga bisa sharing akan sebuah masalah yang Anda hadapi. Cobalah untuk lebih memperhatikan rekan kerja Anda, dengan menghubungi mereka melalui telepon atau chat, mengajak makan bersama, dan mungkin bekerja bersama. Tujuannya adalah menciptakan hubungan mutualisme dengan tim ketika bekerja. Kerja sama tim yang solid membuat Anda merasa lebih nyaman ketika bekerja dan disaat yang bersamaan Anda lebih “fun” ketika bekerja. 

bekerja bersama rekan kerja akan terasa lebih menyenangkan
Bekerja bersama mendorong Anda untuk lebih terkoneksi dengan rekan kerja

Kunci agar tetap produktif setiap hari berada di tangan Anda

Tidak ada satupun orang didunia ini yang dapat mendorong Anda untuk bekerja lebih baik selain diri Anda sendiri. Dalam menjaga produktivitas kerja yang selalu optimal, Anda perlu konsisten dalam memperhatikan efektivitas ketika bekerja. Hilangkan aktivitas yang kurang penting atau kurang kontributif. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan secara instan, namun layak diusahakan. Godaan untuk bermain tiktok atau scrolling IG story tidak terasa mencuri banyak waktu berharga kita selama kerja. Oleh karena itu ada baiknya jika kita menggunakan handphone untuk urusan pekerjaan saja selama waktu bekerja. 

kunci agar tetap produktif berawal dari diri sendiri
Konsistensi dan komitmen diri terhadap pekerjaan dimulai dari diri sendiri

Dengan menciptakan ketepatan pada aktivitas kerja dan jam pengerjaannya, Anda akan relatif tidak mudah stres atau burnout. Pastikan Anda selalu bekerja dengan efektif agar tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Sehingga urusan kerja Anda dapat selesai tepat waktu tanpa menyita waktu kehidupan pribadi Anda. 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.