Fleksibilitas Kerja dan Antusiasme Pekerja di Tahun 2022

March 15, 2022
fleksibilitas kerja tahun 2022

Table of Contents

Pemberitaan tentang fleksibilitas kerja yang dilakukan banyak perusahaan di Indonesia seolah tidak pernah ada habisnya. Fenomena tersebut menyebabkan banyak perubahan besar pada “pola” pekerja dalam melakukan pekerjaannya. Banyak yang merasa senang karena dapat dekat dengan keluarga selama bekerja, namun juga banyak yang kemudian merasa dirugikan dengan pemotongan gaji. Ketidakpastian akan sebuah pola kerja membuat kebingungan tersendiri bagi seseorang dalam mengatur pekerjaannya.  

Memulai fleksibilitas kerja di luar rumah

Beberapa waktu kebelakang ketika kondisi sudah lebih aman, banyak dari para pekerja yang mulai bekerja diluar rumah. Karena pada dasarnya rumah pada umumnya tidak didesain untuk bekerja. Bekerja dengan lebih fleksibel ditujukan agar pekerja dapat memilih lingkungan yang kondusif untuk bekerja. Sehingga para pekerja lebih mudah terhindar dari stres dan burnout hybrid working.

Memilih coffee shop sebagai tempat flexible working tidak sepenuhnya tepat. Memang terlihat memudahkan, karena kita hanya perlu memesan makanan dan minuman untuk dapat menggunakan meja dan kursi di sana. Bahkan beberapa coffee shop kini menyediakan coworking area lengkap dengan colokan listriknya.  Namun perlu dicatat bahwa koneksi internet yang menjadi faktor paling penting dalam menunjang kinerja Anda mungkin tidak terjamin memadai. 

Hal lain yang mungkin menghambat produktivitas Anda adalah distraksi dan suara keramaian di coffee shop. Distraksi dan suara-suara tersebut tentu mencuri fokus dan kenyamanan Anda. Terlebih disaat Anda memiliki beban kerja yang lebih banyak daripada biasanya dan membutuhkan ketenangan. Sebuah hasil dapat dicapai dengan lebih baik ketika Anda berada di ruang kerja yang ergonomis, kondusif, dan nyaman. 

fleksibilitas kerja di luar rumah
Bekerja diluar rumah sudah lama menjadi kebiasaan masyarakat

Produktivitas meningkat seiring tingkat fleksibilitas ketika di coworking space

Serviced office atau coworking space menawarkan internet yang dapat Anda Andalkan untuk bekerja atau online meeting. Karena kita semua sepakat bahwa internet yang bermasalah atau tidak lancar membuat mood turun dan semangat kerja hilang. Kebijaksanaan dalam memilih tempat kerja beserta suasananya menjadi kunci produktivitas yang sebenarnya. Sejak awal, coworking space memang didesain untuk menjadi solusi tempat kerja fleksibel yang nyaman. 

produktivitas ketika fleksibilitas kerja didapatkan
Motivasi umumnya berasal dari dalam, namun faktor eksternal juga berkontribusi aktif.

Optimasi hybrid working melalui coworking space

Hybrid working sempat menjadi bahan pertimbangan banyak perusahaan dalam rangka mengembalikan budaya ke kantor. Menurut apollotechnical, para pekerja terbukti sudah nyaman dengan model full remote working. Meski begitu opsi akan hybrid working juga memiliki peminat yang tinggi. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hybrid working

Salah satunya adalah pengaruhnya bagi perusahaan sebagai sebuah kelompok kerja. Manajemen tim tentu membutuhkan strategi baru agar tetap efektif dan solid. Pemilihan tempat untuk meeting tatap muka berpengaruh dalam manajemen tim tersebut. Coworking space dianggap mampu memberikan optimalisasi bagi model kerja hybrid ini. Salah satunya adalah melalui workplace management system yang dapat Anda akses melalui Deskimo smart workspace. 

hybrid working sangat diminati
Bekerja secara hybrid terbukti menjadi pilihan banyak pekerja.

Antusiasme pekerja di tahun 2022 tentang fleksibilitas kerja

Sebuah survei oleh Flexjobs menunjukkan bahwa 65% pekerja berharap untuk tetap dapat bekerja secara fleksibel baik full remote maupun hybrid. Para pekerja yang sudah nyaman dalam 2 tahun belakangan dengan flexible working. Tidak perlu berkendara ke kantor dan penghematan biaya dinyatakan sebagai keuntungan yang paling besar dari bekerja dari rumah. Namun, pada survey ini juga tercatat angka yang signifikan terkait pengaruh kerja dari rumah terhadap overwork dan kesulitan untuk terlepas dari pekerjaan. 

Narasi untuk mengintegrasikan kehidupan pribadi dan pekerjaan mendapatkan banyak perhatian dari berbagai pihak. Work-life integration diharapkan dapat menjadi cara pandang baru dalam bekerja yang serba cepat. Karena dalam pekerjaan memang hampir tidak ada celah untuk kehidupan pribadi. Seorang pekerja didorong untuk lebih mengatur ekspektasinya mengenai tujuan pekerjaannya dan kehidupan pribadi.

coworking space menjadi pilihan tempat kerja nyaman
Bekerja di tempat yang nyaman dan kondusif namun tetap nyaman.

Solusi tuntas bagi persoalan fleksibilitas kerja tahun ini

Dengan berbagai kemudahan teknologi sekarang ini, bekerja remote atau hybrid seharusnya tidak menjadi masalah. Ada banyak aplikasi remote working  yang dapat digunakan untuk manajemen tim dan komunikasi. Namun, aplikasi tersebut akan relatif kurang efektif jika Anda tetap bekerja di tempat yang kurang kondusif. Oleh karena itu pemilihan tempat kerja sangat krusial dalam Anda bekerja. 

coworking space
Platform untuk menemukan hotdesk dan meeting room terdekat di Indonesia

Deskimo sebagai solusi tuntas bagi Anda bekerja dengan suasana yang profesional dan nyaman namun tetap dekat dari rumah. Anda tidak perlu melakukan perjalanan panjang untuk ke kantor dan melalui Deskimo Anda dapat menemukan banyak coworking space terdekat. Di Indonesia Deskimo sudah hadir di 47 lokasi, tersebar di 5 kota di Indonesia. Selain akses menuju ruang kerja bersama dan serviced office rekanan, Anda hanya perlu membayar sewa sesuai durasi penggunaan saja. 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.