Fokus Kerja: Mitos dan Realita Mewujudkannya di Tahun 2022

April 17, 2022
fokus kerja

Table of Contents

Salah satu tantangan terbesar para pekerja adalah untuk menjaga fokus kerja ketika berbagai keramaian terjadi di kantor. Terlebih jika beban kerja hari itu sangatlah banyak dan anda harus mengatur pikiran untuk tetap dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu usaha untuk menjaga fokus sangat diperlukan untuk menjaga produktivitas kerja

Apa itu fokus kerja? 

Fokus kerja dalah momen disaat anda dapat secara penuh mengarahkan perhatian anda pada satu tugas. Sebaliknya ketika pikiran anda masih terbagi menjadi banyak hal lain, dapat diartikan anda kurang fokus. Kurang fokus dalam bekerja tentu dapat mengurangi kualitas kerja yang sedang anda lakukan. Namun definisi fokus sudah berubah seiring dengan pesatnya kemajuan dunia bisnis. Para pekerja diharapkan untuk dapat fokus di tengah keramaian kantor dan berbagai tugas dengan deadline pendek. 

Pada sebuah startup misalnya, seseorang tidak hanya terpaku pada individual task saja. Beberapa posisi seperti project manager juga harus memastikan tugas tim berjalan dengan baik melalui daily standup. Terlebih jika pada akhir minggu juga masih harus memikirkan weekly meeting untuk membahas weekly progress. Hal ini tentu memberikan tantangan bagi fokus para pekerja di era yang serba digital ini, karena hampir banyak tugas dibebankan pada waktu yang bersamaan. 

Pada beberapa event kerja memang ada saat tertentu yang membutuhkan ketenangan di sebuah meeting room. Event seperti membahas progress sebuah project akan sangat lebih efektif dilakukan di meeting room yang lebih kondusif.  Menurut Doist, rata-rata karyawan pekerjaan meja kehilangan 2,1 jam sehari karena gangguan dan interupsi. Itu menambahkan hingga lebih dari satu hari penuh kerja setiap minggu. Sehingga untuk mewujudkan fokus di tahun 2022 ini anda diharapkan untuk dapat lebih adaptif dengan tantangan pekerjaan. 

definisi fokus kerja
Memahami pentingnya fokus di masa kini yang semakin sulit diwujudkan karena perkembangan dunia kerja yang dinamis dan cepat.
Photo by Surface on Unsplash

Pentingnya fokus kerja yang perlu anda ketahui

Bekerja dalam tim dalam sebuah perusahaan membutuhkan dinamika tim. Kolaborasi dan diskusi tentunya sudah menjadi bagian dari hari-hari anda bekerja. Di sisi lain, anda memiliki tugas harian dan mingguan yang perlu diselesaikan. Ada kalanya satu tugas membutuhkan lebih dari 8 jam kerja untuk diselesaikan.

Berbicara mengenai fokus, tentu sangat erat hubungannya dengan single-tasking dan multi-tasking. Seorang pekerja diharapkan untuk dapat memprioritaskan sebuah tugas yang dapat dilakukan secara penuh tanpa menyentuh tugas lain. Namun, yang terjadi di lapangan ada momen dimana banyak tugas yang ditumpukkan bersamaan dengan label prioritas. Disinilah anda bisa mempraktekkan mana yang single tasking, mana yang multi-tasking. Single tasking akan sangat membantu dalam pengerjaan  sebuah tugas dengan intensitas tinggi dan tingkat kesulitan yang relatif tinggi. Pada tugas dengan tag low intensity dan tingkat kesulitan yang rendah  dapat dikerjakan secara multitasking. Ketepatan dalam mengatur fokus pada tiap jenis pekerjaan sangat penting untuk membantu anda mencapai goal kerja. 

pentingnya fokus kerja tahun 2022
Kesulitan dalam mengatur konsentrasi menyebabkan banyak pekerjaan susah terselesaikan. Photo by ahmad gunnaivi on Unsplash

Mitos tentang fokus kerja yang sering beredar

Banyak orang menyebut bahwa fokus dapat anda sempurnakan seiring dengan menghilangkan sebanyak mungkin distraksi. Hal ini ternyata tidak berimbas signifikan pada konsentrasi kerja anda. Tidak selamanya anda dapat bekerja pada lingkungan yang kondusif untuk mendapatkan konsentrasi yang tinggi. Dalam prakteknya setiap pekerja harus siap berhadapan dengan berbagai distraksi setiap saat.

1. Laser focus

Menurut Profesor dari Universitas Princeton dan Universitas California, Berkeley, otak manusia tidak didesain untuk fokus 100% pada 1 hal saja selama berjam-jam. Ini adalah mitos yang paling sering dinarasikan yang sebenarnya tidak mungkin. Manusia ternyata didesain untuk peka dengan lingkungan sekitarnya ketika sedang melakukan sebuah aktivitas. Fokus akan berpindah pada satu tugas untuk memikirkan hal lain yang urgent atau menarik perhatian.

2. Fokus 8 jam penuh tanpa henti

Sejauh ini ritme ultradian menjadi pencapaian fokus terlama manusia yaitu 90 menit. Setelah itu manusia akan menemukan banyak hambatan untuk seseorang dapat fokus lebih lama. Sehingga muncul banyak cara untuk mengakali hal ini, dengan Pomodoro Technique contohnya. 

3. Kerjakan mana yang “penting” dahulu

Faktanya setiap pekerjaan dinilai penting dan urgent bagi stakeholder yang memiliki kepentingan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menyiasatinya dengan mengelompokkan pekerjaan menurut beban kerjanya. Tugas yang membutuhkan konsentrasi panjang, dan energi besar ada baiknya dikerjakan terlebih dahulu. 

4. Fokus merupakan masalah hati

Seseorang akan lebih mudah fokus ketika suasana hati sedang bahagia. Realitanya, tidak setiap saat dalam hidup kita bahagia. Apakah lantas kita tidak bekerja ketika suasana hati sedang mendung atau sedih? Itulah tantangan bagi kita para pekerja untuk lebih mengendalikan emosi ketika bekerja dan tidak membiarkan emosi mengontrol. 

5. Konsentrasi perlu diterapkan melalui rutinitas

Betul, rutinitas itu baik karena manusia mengenal dan memproses pola. Namun, pola yang sama terus menerus  dapat  memicu mudahnya burnout dan stres kerja pada seseorang. Ada baiknya jika anda sesekali melakukan hal baru atau rutinitas baru yang dapat membuat otak menjadi fresh kembali. Otak yang fresh akan membantu kita untuk menjaga fokus. 

mitos tentang fokus kerja
Mitos tentang fokus yang menyebabkan kita justru kesulitan untuk mewujudkannya. Photo by Studio Republic on Unsplash

Cara untuk mewujudkan fokus kerja di tahun 2022

1. Hilangkan distraksi secukupnya

Distraksi seperti HP dapat mengganggu konsentrasi anda. Coba untuk menjauhkan HP anda jika membutuhkan konsentrasi yang tinggi ketika bekerja. Notifikasi HP yang berada dalam jarak pandang mata dapat memecah fokus anda lebih sering. Pilah lagi pengaturan notifikasi di email dan aplikasi-aplikasi anda yang terhubung dengan laptop kerja anda. Mulai nonaktifkan atau hapus yang tidak relevan dan tidak pernah anda baca. Begitu juga dengan kebersihan, kerapian, dan tingkat ergonomis meja kerja sebelum bekerja. Hal tersebut akan menjauhkan anda dari keresahan akibat meja kotor dan berantakan. Tindakan tersebut akan menjauhkan anda pada hal-hal kecil yang dapat mencuri perhatian anda. 

2. Mencari tempat kerja yang minim distraksi

Bagi pekerja remote seseorang dapat secara fleksibel berpindah tempat jika dirasa tempat kerja sekarang kurang kondusif. Terdapat coworking space yang memang didesain untuk anda bekerja dengan distraksi yang sangat minim. Temukan tempat kerja yang dapat memberikan konsentrasi kerja tinggi di coworking space. Download aplikasi Deskimo untuk mengakses dan menemukan hot desk terdekat anda. Nikmati kemudahan booking meeting room lewat aplikasi dan bayar sesuai penggunaan saja. 

Jika anda pekerja yang harus datang ke kantor mungkin anda dapat memulai dengan menata tempat kerja anda. Bicarakan dengan partner kerja jika pada waktu tertentu anda membutuhkan fokus ekstra sehingga ruangan harus kondusif. Terkadang sedikit pembicaraan seperti itu dibutuhkan untuk kenyamanan bersama ketika di kantor. 

3. Membuat jadwal tugas yang terorganisir

Jadwal adalah suatu acuan untuk anda dapat memberikan fokus pada satu hal tanpa melupakan tugas lain. Ketika anda mencatat jadwal anda dan terorganisir secara waktu, akan memberikan ketenangan dalam berpikir ketika bekerja. Sehingga dalam durasi waktu yang telah ditentukan anda dapat all out untuk berkonsentrasi mengerjakan sebuah tugas. Di satu sisi pastikan juga bahwa jam istirahat dimasukkan kedalam jadwal. Hal ini untuk memonitor jeda dan fokus yang telah anda lalui.

Di suatu sisi hal tersebut menghindarkan anda dari tugas yang berantakan, yang berpotensi memecah fokus anda kapan saja. Karir anda bergantung pada seberapa anda dapat mengoptimalkan potensi dan waktu yang anda berikan serta kontribusi pada perusahaan.

tips menjaga fokus ketika bekerja
Mewujudkan konsentrasi tidak mudah di masa kini, kesadaran diri untuk beradaptasi sangat dibutuhkan.
Photo by Arlington Research on Unsplash
Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.