Gaya Belajar: Mengoptimalkan Produktivitas Pembelajaran

July 30, 2022
Gaya belajar auditory

Table of Contents

Gaya belajar merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan turunnya motivasi belajar seseorang apabila tidak disesuaikan. Sudah bertahun-tahun penelitian dilakukan untuk mencari tahu cara belajar yang baik bagi anak, remaja, hingga orang dewasa. Tujuannya untuk mempermudah seseorang dalam proses mengingat dan berpikir ketika mempelajari sebuah teori atau pemecahan masalah langsung. Terlepas itu semua, kegiatan belajar yang tidak didukung oleh tempat yang kondusif, proses belajar akan sulit terlaksana. 

Pada artikel ini kita akan membahas kaitan tipe belajar auditori dengan kebutuhannya akan tempat belajar yang mendukung seperti coworking space.

Apa itu gaya belajar dan kaitannya dengan produktivitas

Pada dasarnya belajar itu memiliki definisi yang sangatlah luas. Menurut Tophat, gaya belajar mengacu pada cara yang disukai seseorang untuk menyerap, memproses, memahami, dan menyimpan informasi. Segala bentuk olah pikir dan proses mengingat terjadi juga saat kita bekerja. Sehingga hal ini akan tetap relevan bagi setiap orang yang bekerja dan bersekolah. 

Meski umumnya teori ini hanya dikenalkan saat sekolah, hal itu membentuk bagaimana kita memproses masalah yang kita hadapi ketika bekerja. Pekerja dengan tipe belajar auditori akan mudah mengingat sebuah tugas yang disampaikan secara verbal dan melakukan diskusi bersama tim secara efektif. Namun, apabila berada pada situasi yang crowded atau berisik, tipe ini akan relatif kesulitan mendapat fokus kerja dan rentan burnout

gaya belajar dan produktivitas
Memahami gaya belajar yang cocok bagi diri akan banyak membantu dalam bekerja.
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Tantangan dalam menjangkau gaya belajar yang efektif

Sebelum pandemi berlangsung teori tentang cara belajar visual, kinestetik, dan auditori secara umum diterapkan pada proses pembelajaran hingga kerja. Hal ini mulai berubah ketika pandemi terjadi. Setiap aktivitas kita baik belajar (online learning) dan bekerja (remote working) terbatas pada dunia maya dan minim terhubung secara langsung. Sebab, pandemi membatasi kita untuk bergerak bebas dan menerapkan gaya belajar kinestetik. 

Mulai dari pemberian materi, rapat, dan bahkan pengambilan keputusan sangat bergantung pada kekuatan kita menggunakan kemampuan visual dan auditori Tentu tidak mudah bagi setiap pihak, terlebih mereka yang membutuhkan gestur tubuh untuk berkomunikasi. Akhirnya kita harus bisa beradaptasi dengan lebih baik terlepas situasi membatasi pergerakan kita. 

tantangan pada gaya belajar
Untuk dapat berfungsi secara efektif seseorang harus bertahan pada berbagai metode belajar dan bekerja.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Pentingnya mengakomodasi gaya belajar pada tempat kerja

Cara belajar sangatlah penting bagi setiap pekerja tanpa memandang jenis industrinya. Dalam dinamika kerja, Anda masih akan berhubungan dengan berbagai orang dan juga berkolaborasi dengannya. Dengan mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda dalam praktik kerja sama tim berdasarkan cara belajar Anda , akan banyak menyelamatkan karir Anda .

Sebagai seorang pekerja remote, produktivitas merupakan sebuah hal yang wajib Anda jaga sendiri. Dengan Anda mengetahui bahwa Anda tidak dapat bekerja dirumah tanpa peralatan atau ruangan yang memadai, ada baiknya Anda mencari coworking space. Sehingga pada akhirnya Anda dapat bekerja dengan lebih baik mengikuti gaya belajar Anda . 

tempat kerja fleksibel
Akan sangat memudahkan apabila Anda dapat bekerja pada situasi yang sangat fleksibel.
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Menerapkan gaya belajar auditory yang efektif di coworking space

Gaya belajar ini erat berhubungan dengan suasana dan tingkat keramaian dan dapat mempengaruhi orangan dengan  tipe belajar auditori. Sulit untuk fokus pada tempat yang  ramai atau berisik.

Orang dengan tipe belajar auditori lebih membutuhkan tempat kerja yang tenang. Cafe jelas bukan pilihan. Bagi sebagian orang di masa kini, kamar dirasa tempat kerja yang lebih kondusif dibandingkan kantor. Namun, kita mengetahui bahwa meskipun kamar cukup hening, kamar tidak didesain untuk bekerja melainkan beristirahat.

Sehingga alangkah lebih baik jika mulai membiasakan diri bekerja  di coworking space. Hampir mayoritas coworking space memberikan kenyamanan bagi Anda dengan tipe belajar auditori. Tingkat kebisingan jauh lebih rendah daripada kantor dan cafe, namun memiliki kenyamanan dan kelengkapan sama seperti kantor dari segi fasilitasnya. Koneksi internet yang cepat dan stabil, suasana produktif, dan fasilitas lainnya yang mendukung kinerja lebih optimal.

cara belajar auditori di coworking space
Coworking space salah satu tempat kerja yang fleksibel dan kondusif untuk berbagai gaya belajar.
Foto oleh theofficepass dari Pixabay

Kualitas kerja dan belajar bergantung pada situasi yang kondusif

Memang tidak setiap saat kita dapat bekerja pada situasi yang kita inginkan. Seringkali banyak hal terjadi diluar dugaan kita. Sehingga memilih serviced office yang memang ditujukan untuk bekerja atau belajar memanglah langkah bijak. 

Productive spending seperti ini dinilai dapat meningkatkan mood kerja dan kualitas belajar Anda . Baik secara individu maupun tim, akan merasakan ketenangan dalam berpikir dan mengambil keputusan. Banyak serviced office yang memiliki lounge untuk Anda bersama rekan kerja bersantai dikala suntuk. 

Tentu Anda  tidak ingin performa kerja Anda turun hanya karena gaya belajar Anda tidak diakomodasi dengan suasana yang kondusif bukan? 

situasi kondusif menentukan kualitas kerja dan belajar
Output kerja atau belajar akan dipengaruhi dari baik atau buruknya situasi kerja.
Foto oleh energepic.com dari Pexels

Menemukan ruang kerja bersama untuk belajar dan bekerja secara lebih efektif

Bekerja dan belajar sudah sangat menyita energi dan pikiran Anda seharian. Bagi beberapa orang, berhadapan dengan keramaian dan kebisingan dapat menguras banyak energi mereka. Untuk itu Anda dapat menemukan berbagai tempat kerja atau belajar yang nyaman dan minim kebisingan melalui Deskimo

Tersedia berbagai hot desk hingga meeting room untuk Anda merasakan ketenangan, sehingga dapat tetap fokus dan tidak khawatir kebisingan. Makin banyak fokus yang dapat Anda kumpulkan, berada di coworking space terasa lebih worth it.

Download aplikasi Deskimo untuk kemudahan dalam bertransaksi dan booking meeting room untuk aktivitas penting Anda. 

coworking space deskimo
Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.