Kerja di coworking space: Kasual namun tetap Profesional

March 11, 2022
kerja di coworking space

Table of Contents

Bekerja di kantor tradisional sudah menjadi pengalaman yang sangat biasa bagi pekerja, namun popularitas kerja di coworking space kini bersaing sebagai alternatif kerja di kantor tradisional. Banyak perusahaan besar yang menjadikan serviced office sebagai lokasi dari kantor cabang mereka. Bahkan, ada juga diantaranya yang menggunakan ruang kerja bersama sebagai lokasi dari kantor pusat mereka. Banyak hal ditawarkan ketika Anda bekerja disini, seperti fasilitas meeting room, classroom, boardroom, event space, games room, pantry, dan lain-lain. Dari sisi interiornya pun juga menarik. Masing-masing lokasi menawarkan suasana yang berbeda. Ada yang memiliki vibe yang kasual, ada juga yang formal.  

Vibes kerja di coworking space

Tiap lokasi memiliki vibe yang berbeda dipengaruhi oleh pilihan warna dan desain interior di dalamnya. Warna-warna cerah, kursi-kursi santai, coworking area yang luas tentu akan memberikan suasana yang lebih santai. Terlebih lagi, lokasi dari ruang kerja bersama sendiri juga akan mempengaruhi tingkat formalitasnya. Gedung perkantoran dengan mayoritas tenant perusahaan korporat, biasanya memiliki aturan tentang pakaian. Umumnya, semua tenant dan pengunjung diwajibkan memakai pakaian rapi seperti kemeja serta tidak diperkenankan mengenakan celana pendek dan sandal. Lain halnya, apabila flexible workspace memiliki gedung sendiri atau berada di dalam pusat perbelanjaan, seperti mal. 

suasana kerja yang kasual namun tetap profesional
Suasan kerja yang nyaman untuk bekerja seharian.

Profesionalisme kerja di flexible workspace

Studi dari Harvard Business Review mengatakan bahwa coworking space tidak serta merta menghilangkan profesionalisme para penggunanya. Bahkan banyak dari pengguna workspace merasa kredibilitas dan kesan profesional cenderung meningkat ketika bekerja di ruang kerja bersama. Bekerja di serviced office tidak hanya memberikan kemudahan dalam bekerja, namun juga memberikan narasi bahwa Anda serius bekerja. 

Beberapa perusahaan bahkan menetapkan anggaran bagi pekerjanya untuk bekerja dari mana saja. Perusahaan melihat flexible workspace sebagai cara untuk menekan tingkat stres dan burnout pekerja. 

profesionalisme yang dipertahankan di serviced office
Profesionalisme pekerja tetap terjaga dengan baik dan cenderung meningkat.

Kerja di coworking space tanpa ribet

Mari kita bahas dari perspektif fasilitas dan kemudahan aksesnya. Mayoritas ruang kerja bersama berada di daerah yang mudah diakses melalui transportasi pribadi maupun umum. Bahkan ada yang berlokasi di dalam mall dan hunian di tengah kota. Bagi Anda yang bertempat tinggal dengan kota akan sangat mudah menemukan hotdesk untuk bekerja. 

Fasilitasnya pun sangatlah lengkap untuk menunjang hari produktif Anda. Setiap ruang kerja bersama menyediakan air mineral gratis, kopi dan teh, hingga koneksi internet dengan standar bisnis. Hal yang perlu Anda bawa adalah laptop dan Anda siap bekerja. Bagi Anda yang mengharapkan fasilitas lain, ada workspace yang menyediakan photo booth, printer, hingga in-house cafe. Harapannya adalah setiap pengguna memiliki banyak opsi dalam menentukan seperti apa ruang kerja yang mereka butuhkan. 

Kelengkapan ruang kerja bersama memudahkan Anda untuk menjangkau aktivitas yang lebih luas dalam pekerjaan. Efisiensi waktu akan lebih terjaga, karena fasilitas dan lokasi strategis workspace. 

fasilitas kerja di coworking space
Akses yang mudah dan kelengkapan fasilitas penunjang kerja.

Menemukan coworking space terdekat 

Coworking space di Indonesia sangatlah banyak dan tersebar di berbagai kota. Cara untuk menemukan flexible workspace terdekat Anda adalah melalui Deskimo. Kunjungi website atau download aplikasi Deskimo yang tersedia di gadget Anda untuk informasi lengkap sebuah ruang kerja bersama dan meeting room. Deskimo hadir di Jakarta, Surabaya, dan Bandung, untuk memberikan rekomendasi flexible workspace untuk Anda bekerja secara kasual namun tetap profesional.

coworking space
Kunjungi Deskimo, untuk hari kerja yang lebih nyaman dan produktif!

Biaya sewa workdesk dan meeting room sangatlah bervariasi mengikuti fasilitas sebuah workspace. Namun, melalui Deskimo Anda hanya perlu membayar sewa sesuai durasi penggunaan saja. Sehingga segala biaya yang Anda bayarkan terasa lebih worth-it.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.