Kerja Fleksibel: Peluang Emas Bagi Mereka Yang Cerdas

July 10, 2022
kerja fleksibel

Table of Contents

Belakangan banyak pihak tidak menyangka bahwa kerja fleksibel menjadi salah satu daya tarik terbesar di mata pekerja. Sebab, hampir setiap divisi kini dapat bekerja secara fleksibel tanpa mengurangi produktivitasnya. Output kerja selama remote working belakangan dinilai baik dan bahkan meningkat bagi beberapa perusahaan. Hampir setiap perusahaan mengusung kerja fleksibel sebagai budaya kerjanya. Banyak yang berpendapat bahwa masa depan kerja nanti akan semakin flexibel dan kantor tidak sering dikunjungi seperti dulu yang harus 9 to 5. 

Perkembangan kerja fleksibel sejak awal tahun 2022

Meski dimulai secara masif pada tahun 2021, nampaknya banyak perusahaan yang masih belum menemukan cara terbaik untuk mengeksekusi model kerja ini. Banyak yang harus di PHK karena mungkin tidak dapat bekerja dengan optimal hingga merasa depresi karena harus bekerja sendiri dalam waktu yang lama. 

Pada awal tahun 2022 merupakan awal dimana flexible working mendapat banyak masukan yang membuat penerapannya menjadi lebih baik. Banyak pihak mulai untuk memahami bagaimana beradaptasi dengan situasi kerja yang tidak menentu dan disaat yang bersamaan di bawah tekanan kerja. Kurangnya dinamika tatap muka yang membuat orang mudah sekali terputus dengan tim dapat dicegah dengan meeting reguler pada sebuah meeting room. Hingga program kerja sama dengan serviced office untuk menunjang tempat kerja yang baik bagi mereka yang tidak memilikinya dirumah. 

kerja fleksibel
Meski masih belum terbiasa awalnya, sekarang mayoritas orang menjadikan online meeting menjadi hal normal.
Photo by Bench Accounting on Unsplash

Kerja fleksibel memiliki manfaat bagi banyak pihak terkait

Perdebatan akan flexible working sudah sering kita dengarkan dan mungkin kita telah menentukan sisi keberpihakan kita. Ada dua sisi dari meningkatnya minat akan model kerja yang fleksibel. Pertama, mereka yang diuntungkan dan dimudahkan dalam pekerjaannya, dan kedua, mereka yang dirugikan karena tidak terbiasa dengan kebebasan atau fleksibilitas. 

Masalah dan kerugian yang muncul dari model kerja ini sepanjang tahun 2021 hingga 2022 telah mengalami banyak perbaikan dan pengaturan. Sehingga semakin banyak pula pihak yang akhirnya menemukan sebuah formula dan budaya kerja yang baik dalam menerapkan kerja fleksibel. 

Manfaat dari kerja fleksibel adalah setiap pihak dapat menjalankan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien tanpa harus pergi ke kantor pusat yang memakan banyak waktu. Jika ingin berdiskusi atau brainstorm pun hal itu dapat dilakukan melalui online meeting. Jika memang membutuhkan fokus lebih sehingga harus bertemu tatap muka, hal tersebut juga masih sangat mungkin. Karena pada dasarnya kerja fleksibel bukan bertujuan menghilangkan pertemuan langsung. 

keuntungan kerja fleksibel
Banyak waktu yang dihemat, ruang yang diefektifkan, dan progress kerja yang dipadatkan ketika flexible working.
Photo by Kaleidico on Unsplash

Manfaat, masalah, dan solusi dari kerja fleksibel di tahun 2022

Manfaat untuk pekerja

  1. Dapat dekat dengan keluarga
  2. Menghemat biaya dan tenaga untuk transportasi
  3. Memiliki kontrol untuk memilih waktu dan tempat kerja
  4. Dapat bekerja pada waktu terbaik mereka


Manfaat untuk perusahaan

  1. Meningkatnya semangat pekerja
  2. Mendapat respon dan output kerja yang lebih
  3. Menekan tingkat turnover
  4. Employer branding menjadi lebih baik

Masalah untuk pekerja

  1. Terkadang sulit untuk berkomunikasi secara efektif
  2. Situasi rumah yang tidak kondusif dan supportive
  3. Sulit memberikan batas antara istirahat dan kerja apabila dirumah
  4. Terdapat berbagai stimulus yang mengganggu fokus kerja

Masalah untuk perusahaan

  1. Tidak semua pekerja dapat bekerja baik tanpa supervisi
  2. Kesulitan memonitor kinerja pekerja karena jam yang tidak menentu
  3. Mendapat kesan tidak adil karena memberikan kesempatan kerja fleksibel bagi beberapa divisi saja
  4. Employee engagement menurun drastis

Hambatan dalam kerja fleksibel dapat diatasi dengan kerja sama kedua belah pihak

Dalam prakteknya, untuk mewujudkan harmoni dalam bekerja, perusahaan dan pekerjanya harus bersama-sama melakukan pembenahan dan mencari solusi. Pembenahan dalam aspek teknis maupun non-teknis perlu dilakukan,  sehingga setiap pihak dapat saling memahami apa yang menjadi hambatan satu sama lain. 

Solusi untuk pekerja

  1. Membentuk self-discipline
  2. Bekerja pada tempat yang didesain untuk bekerja
  3. Berkomunikasi yang baik secara virtual
  4. Melatih resiliensi diri terhadap tekanan kerja baru

Solusi untuk perusahaan

  1. Berfokus pada program employee wellbeing
  2. Bekerja sama dengan serviced office atau coworking space
  3. Melakukan meeting reguler pada tiap divisi
  4. Mengadakan program apresiasi karyawan sesuai dengan bahasa mereka masing-masing

Peluang emas bagi mereka yang dapat bekerja secara fleksibel

Kerja fleksibel datang dengan berbagai manfaat. Banyak menilai bahwa kedepannya, permintaan akan model kerja ini akan semakin meningkat. Semakin banyak orang dapat melihat hal baik dibaliknya, meski pada awalnya mereka tidak begitu menyukainya. Seperti yang kita ketahui, bahwa kerugian yang disebabkan oleh kerja fleksibel sudah memiliki berbagai cara untuk mengatasinya. Ini adalah saat dimana kita mulai berfokus pada kesempatan baik lainnya yang ditawarkan model kerja ini. Salah satu peluang yang sangat terlihat adalah peluang untuk meningkatkan value diri dengan mempelajari soft skill atau hardskill baru.

peluang emas ketika flexible working
Peluang untuk memperluas koneksi, meningkatkan value diri, hingga berbisnis.
Photo by manny PANTOJA on Unsplash

Kerja fleksibel dapat memperbaiki hidup bagi mereka yang cerdas

Selama flexible working kita memiliki banyak waktu diluar pekerjaan kita. Banyak hal yang dapat kita lakukan seperti self-improvement atau memperbaiki hubungan dengan keluarga yang mungkin telah lama terabaikan. Ada berbagai kesempatan untuk anda memperbaiki hidup dengan memanfaatkan kesempatan bekerja ini. 

1. Meningkatkan self-discipline

Dengan adanya waktu yang dapat anda simpan ketika bekerja remote, ini adalah saat bagi anda mulai berbenah akan kedisiplinan diri anda. Coba untuk mengatur jadwal anda dengan baik dan tidak menunda sebuah pekerjaan. Ciptakan pola istirahat dan tidur yang baik sehingga jam biologis tubuh tidak terganggu untuk beraktivitas keesokan hari. Hal ini berguna untuk meningkatkan performa kerja anda, disatu sisi juga mencegah anda untuk overwork. 

Kehidupan diluar pekerjaan juga penting untuk mendapatkan kesempatan lain yang mungkin lebih baik. Sehingga anda sangat disarankan untuk mempertahankan kedisiplinan diri anda agar tercipta work record yang baik. 

2. Mempelajari high income skill

Mempelajari skill baru tidak akan sia-sia bukan? Mengingat anda pasti menginginkan peluang kerja atau bisnis yang lebih baik. Dengan tetap mengisi pikiran dengan berbagai ilmu baru akan membantu anda untuk tetap relevan dan bersiap jika kesempatan itu datang. Tersedia berbagai course yang dapat anda beli di berbagai marketplace untuk memulainya. 

3. Melatih diri untuk meminimalisir overthinking

Jika anda memiliki masalah overthinking yang mengganggu kinerja anda, gunakan waktu senggang anda untuk melakukan reframing. Berhenti sejenak, beristirahat, kemudian renungkan kembali penyebab overthinking anda. Luangkan waktu untuk mengunjungi tenaga profesional jika diperlukan. 

4. Berkoneksi dengan orang baru

Dalam berkarir, koneksi memiliki peran yang cukup signifikan. Selama anda bekerja secara remote, sisihkan waktu yang tersedia untuk melakukan networking. Jangan biarkan diri anda terlena dan mudah puas dengan network anda saat ini. Selalu ada hal yang akan mengejutkan anda ketika memperluas network nantinya. Siapa tau ada banyak kesempatan yang dapat menyelamatkan anda di masa depan melalui kebiasaan berkoneksi dengan orang baru.

kerja fleksibel dapat meningkatkan kualitas hidup
Semua peruabahan positif dalam hidup dimulai dari satu langkah kecil namun konsisten.
Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Memanfaatkan coworking space sebagai penunjang kerja fleksibel

Dalam berkarir seseorang disarankan untuk memperhatikan lingkungan kerjanya. Coworking space sebagai tempat kerja yang kondusif dan ergonomis dinilai menjadi salah satu alasan produktivitas seseorang meningkat. Bergabung dengan para pekerja cerdas lainnya di coworking space melalui Deskimo

Tersedia berbagai hotdesk dan meeting room yang kapan saja dapat anda sewa untuk bekerja. Temukan coworking space terdekat anda, check-in, dan bayar sesuai durasi penggunaan hanya melalui Deskimo app

deskimo for business
Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.