Kerja Remote Dengan Berbagai Tipe-Tipe Pekerjanya

February 22, 2022
tipe pekerja remote

Table of Contents

Dunia kerja telah mengalami banyak sekali adaptasi model kerja, salah satunya kerja remote. Sebelum pandemi model kerja tersebut sudah sering terjadi dan selama pandemi mulai meningkat drastis. Seperti yang telah kita ketahui, kerja remote merupakan cara bekerja jarak jauh tanpa perlu ke kantor fisik. Anda dapat melakukan pekerjaan tersebut di rumah, flexible workspace, dan ditempat lain selama nyaman. Meski begitu tidak semua pekerja cocok dengan model kerja tersebut. Banyak yang mengalami stress dan overwork.

Pengalaman mengelola stress selama kerja remote

Selama remote working sebenarnya pekerja memiliki waktu lebih untuk menata jadwalnya sendiri. Bagi beberapa pekerja, mereka dapat mengelola stress lebih mudah. Hal ini disebabkan oleh waktu dan tempat kerja yang fleksibel dapat disesuaikan dengan suasana hati saat itu. Bagi beberapa pekerja lainnya, kerja jarak jauh justru membuat mereka lebih susah mengelola stress dan cenderung membebani. 

Menurut Wrike, sekitar 75% pekerja jarak jauh mengalami stress dan kelelahan di tempat mereka bekerja. Bahkan, lebih dari 37% melaporkan mereka harus bekerja lebih lama dari yang seharusnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam tipe kepribadian pekerja yang tidak semua cocok.  

Mengelola stress lebih baik saat remote working
Remote working memberikan waktu lebih kepada pekerja untuk pengelolaan stress.

Tipe kepribadian pekerja yang variatif

Sebagai pekerja Anda tentu memiliki cara tersendiri dalam membentuk pola kerja agar Anda nyaman. Cara kerja on-site atau datang ke kantor memberikan Anda pola kerja sehingga Anda hanya perlu beradaptasi. Namun apa jadinya jika Anda diberikan kebebasan menentukan pola kerja Anda sendiri ketika remote working? Akankah ada berusaha membuat pola Anda sendiri atau Anda malah terbebani karena harus mencari tahu sendiri pola yang baik untuk menunjang kinerja Anda?

Kepribadian seseorang ketika di kantor akan lebih tidak dominan berpengaruh karena ada standar dan kultur kantor yang perlu dipatuhi. Namun ketika bekerja jarak jauh, kepribadian seseorang menjadi sangat dominan mempengaruhi keputusan ketika ingin membuat pola kerja. Sebagian merasa sistem kerja ini merupakan hal yang menguntungkan, sebagian merasa sebaliknya. 

Kepribadian pekerja sangat variatif dalam merespon sistem kerja remote
Tiap bekerja memiliki reaksi tersendiri menghadapi sistem kerja remote

Tipe kepribadian pekerja saat remote working

The Machine

Tipe satu ini merupakan tipe pekerja yang membutuhkan ketenangan. Fokus ketika bekerja merupakan prioritasnya, sehingga membutuhkan tempat kerja yang minim distraksi. Kecenderungan tipe ini adalah mencari sebuah spot tertentu untuk dijadikan “kantor”. Tipe pekerja satu ini adalah orang yang betah duduk bekerja dari pagi hingga sore. Tidak ada yang lain selain laptop dan dia.

kerja remote dengan tenang di sebuah workspace
Pekerja “The Machine” yang sedang bekerja dalam tenang.

The Social Butterfly

Anda dengan jiwa sosial tinggi tentu membutuhkan orang lain untuk ngobrol, termasuk saat bekerja. Rekan kerja merupakan support system terbaik ketika kerja remote. Tujuannya untuk menciptakan suasana sedang bekerja di kantor bersama rekan kerja. Tidak semua pembicaraan tentang pekerjaan, setidaknya bagi mereka dengan tipe ini mereka merasa ada yang menemani. Wi-Fi yang dapat menunjang pekerjaan sambil  video call tentu sangat mereka dambakan.

Kerja remote bersama rekan kerja melalui video call
Suasana kerja sambil video call bersama rekan kerja “The Social Butterfly”

The Workation Peeps

Tipe yang satu ini sangat menyukai travelling sambil bekerja sebagai salah satu motivasi kerjanya. Hampir setiap ada kesempatan untuk work from anywhere (WFA) mereka pasti gunakan sebaik mungkin untuk travelling. Dengan banyaknya flex space yang tersebar di setiap penjuru negara, memudahkan tipe ini untuk menentukan tempat travelling secara mudah dan tetap bekerja maksimal.

remote working sambil travelling ketika WFA
Bekerja sambil travelling menjadi idaman para “The Workation Peeps”

The Lone Wolf

Tipe pekerja ini sangatlah menyukai flexible working apalagi jika full remote. Latar belakang tipe ini biasanya memiliki kepribadian introvert. Rumah merupakan tempat paling nyaman bagi mereka. Dalam bekerja, tipe ini sangat memahami waktu terbaik mereka untuk mulai mengerjakan. Sangat normal rasanya bagi tipe ini untuk bekerja di malam hari atau bahkan hingga subuh.

Bekerja secara fleksibel selama remote working
“The Lone Wolf” yang bekerja mengikuti waktu terbaik mereka.

Masa sulit ketika kerja remote

Hampir setiap pekerja yang melakukan kerja jarak jauh seringkali mengalami kesulitan dalam menyesuaikan ritme kerja mereka. Ada hari di mana fokus terganggu dengan distraksi yang terjadi di rumah. Ada kalanya saat dimana Wi-Fi tidak bisa diAndalkan, dan remote working yang terlalu panjang memunculkan rasa kesepian. 

Menurut Buffer, seperlima dari populasi di Inggris melaporkan bahwa mereka sering merasa kesepian ketika remote working. Namun hal itu tidak akan menjadi masalah berkepanjangan selama Anda menyadari apa yang menjadi hambatan Anda. Mulai bicarakan dengan orang terdekat Anda hingga rekan kerja Anda mengenai masalah yang Anda hadapi ketika remote working

Lingkunga kerja saat remote working menentukan semangat kerja hari itu.

Beralih ke lingkungan kerja yang cocok bagi Anda sebagai solusi kerja remote

Lingkungan kerja kantor sudah dilengkapi dengan meja dan kantor yang full-furnished dengan mempertimbangkan tingkat ergonomis ruangannya. Sebagai alternatif, Anda dapat mengunjungi coworking space yang dapat ditemukan dengan mudah melalui Deskimo. Bekerja dari coworking space dengan fasilitas yang memadai akan sangat menunjang kinerja Anda ketika menginginkan suasana kantor. Melalui Deskimo Anda akan dimudahkan dengan bermacam jenis workdesk dan meeting room yang dapat Anda sewa sesuai waktu penggunaan saja. Anda hanya perlu membawa laptop dan Anda sudah siap bekerja.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.