Monitoring Kerja Karyawan Selama Hybrid Working

February 16, 2022
monitoring kerja karyawan

Table of Contents

Memonitor kerja karyawan adalah proses untuk memastikan tujuan kerja dapat tercapai. Pada prakteknya monitoring kerja karyawan semakin mendapat banyak tantangan. Hal ini disebabkan karena adanya sistem hybrid working. Banyak pekerjaan yang dikerjakan secara remote ditengah padatnya jadwal meeting reguler. 

Contoh pekerjaan yang menggunakan sistem hybrid working:

  1. Graphic Design
  2. Copywriter
  3. Digital Marketing
  4. Software Engineering, dan lain-lain.
Cara monitoring kerja dengan sistem hybrid working untuk pekerja kreatif
Hybrid working lebih baik diberikan kepada pekerjaan yang dapat dikerjakan secara remote.

Pekerjaan-pekerjaan ini tidak mengharuskan mereka untuk datang ke kantor setiap hari. Terlebih, pekerjaan ini fleksibel bisa dikerjain di mana aja asalkan ada koneksi internet yang stabil. Berbeda sama pekerjaan di balik meja yang butuh berangkat ke kantor buat cek dokumen fisik atau orang operasional gudang yang harus hadir secara fisik. Sehingga,   adaptasi diperlukan untuk  monitoring kerja karyawan di era hybrid working.”

Cara untuk monitoring karyawan selama hybrid working

Pastikan tim Anda memiliki komitmen kerja selama monitoring

Komitmen kerja adalah suatu sikap yang wajib dimiliki oleh pekerja. Ini merupakan langkah awal agar pekerja dapat mengikuti arahan dan masukan selama bekerja. Hal ini akan mempermudah Anda dalam proses monitoring kerja karyawan. Jika tidak, tentu Anda berada dalam masalah yang serius. Kesulitan dalam memonitor kerja karyawan Anda akan penuh masalah dan tentu merugikan perusahaan. 

dua orang wanita kantor sedang bersenyum
Komitmen kerja sangat dibutuhkan untuk menentukan hasil kerja selama hybrid working.

Adakan meeting reguler selama hybrid working

Meeting reguler adalah cara yang paling efektif untuk monitoring kerja karyawan Anda secara mingguan. Anda akan dengan mudah mendapat progress kerja dari karyawan. Begitu juga jika ada masalah, hal itu dapat dideteksi dengan cepat dan pencarian solusi dapat dilakukan. 

Jika karyawan Anda berada di tempat yang jauh dari kantor gunakan alternatif lain seperti coworking space. Fungsi coworking space adalah memberikan kemudahan bagi tim Anda untuk bertemu dan bahkan bekerja bersama di tempat tersebut. Anda dapat menemukan coworking space dan meeting room terdekat melalui Deskimo. Tersedia berbagai fasilitas dan kemudahan dalam check-in bagi Anda yang hanya ingin menggunakan workspace dalam jangka pendek. Tanpa komitmen dan bayar sesuai penggunaan saja. 

Fungsi coworking space selanjutnya adalah memberikan kesan lebih fleksibel. Anda dapat melakukan evaluasi mingguan hingga bulanan selama yang Anda butuhkan bersama karyawan disana. Meeting reguler yang dilakukan secara konsisten akan memaksimalkan monitoring Anda terhadap kinerja karyawan Anda. 

monitoring kerja karyawan saat meeting bersama
Memaksimalkan fungsi coworking space untuk menunjang regular meeting bersama tim.

Tetapkan target yang jelas

Selalu tanamkan pada pikiran bahwa target yang jelas merupakan awal keberhasilan Anda dan tim. Hal ini berlaku dalam monitoring baik secara online maupun tatap muka. Pastikan Anda menjabarkan apa yang menjadi target bersama. Jangan sampai ada satu pekerja yang tidak memahami apa yang Anda sampaikan. Hal ini sangat krusial mengingat target adalah apa yang menggerakan sebuah bisnis agar tetap berjalan dengan baik. 

menulis di papan tulis tentang target audience
Penjabaran tentang target yang jelas memberikan kemudahan dalam melaksanakannya.

Komunikasi yang penuh pengertian

Selama hybrid working, kehidupan pekerja akan cenderung lebih dinamis. Ada banyak persoalan hidup yang mungkin mereka alami baik di rumah maupun di luar rumah. Pastikan komunikasi Anda baik dan penuh pengertian. Memang ada target dan standar yang harus dipenuhi. Namun Anda juga mampu mengembalikan semangat tim lewat cara komunikasi Anda. Hal ini akan memberikan rasa suportif terhadap tim. Omelan Anda adalah hal terakhir yang ingin didengar oleh pekerja Anda ketika mengalami hari yang buruk. 

beberapa waita sedang menenangkan rekan kerjanya,
Memahami pekerja yang sedang memiliki hari yang buruk merupakan aspek penting dalam tim.

Monitoring kerja karyawan dengan aplikasi

Secara teknis ada banyak alat atau aplikasi untuk menunjang kegiatan monitoring Anda. Salah satunya dengan mendownload aplikasi-aplikasi yang berguna untuk komunikasi hingga absensi online. Apa saja aplikasi tersebut? 

Hadirr

Gunakan aplikasi ini jika Anda ingin mengetahui posisi dan aktivitas pekerja Anda secara real-time saat bekerja. Dengan mengetahui posisi pekerja Anda secara real-time Anda dapat memberikan penilaian terhadap kinerja mereka. Apakah dalam sebuah rangkaian waktu seorang pekerja sudah menghasilkan sebuah target yang Anda tetapkan? Jika belum, Anda dapat dengan mudah membuat keputusan untuk menghubungi pekerja tersebut. 

Trello

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menetapkan sebuah jadwal pengumpulan sebuah progress kerja. Selain pekerja akan mendapatkan notifikasi deadline, Anda juga dapat mendeteksi waktu pengumpulan progress tersebut. Sehingga Anda dapat melakukan evaluasi jika ada pekerja Anda yang tidak memenuhi deadline

Monitask

Monitask merupakan aplikasi yang Anda perlukan jika progress pekerja terpecah kecil-kecil. Melalui aplikasi ini Anda dapat melakukan track hingga screenshot layar pada komputer atau laptop pekerja Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui dalam durasi tertentu apa yang sedang pekerja Anda lakukan. Sehingga tidak ada waktu terbuang untuk hal lain selain melakukan pekerjaan yang telah Anda tetapkan dan sepakati bersama. 

Bagaimana monitoring selama hybrid working menjadi sebuah win-win solution?

Selain manfaat baik bagi well-being pekerja Anda selama pandemi ini, Anda sebagai HRD atau supervisor dapat bergerak lebih fleksibel. Mulai dari memanfaatkan fungsi coworking space sebagai tempat meeting reguler Anda hingga membangun koneksi dengan tim yang lebih baik. 

Efektivitas monitoring kerja karyawan selama hybrid working

Adaptasi yang tepat terhadap cara monitoring karyawan di era hybrid working dapat menumbuhkan rasa percaya karyawan terhadap perusahaan. Ruang bergerak yang lebih fleksibel memungkinkan pekerja Anda untuk mempertahankan work-life balance mereka. Ketika well-being pekerja Anda membaik, tentu mereka akan berkontribusi lebih baik bagi perusahaan melalui hasil kinerja mereka. 

Selalu pastikan Anda memonitor pekerja Anda dengan lebih bijak dan efektif. Gunakan aplikasi yang dapat menunjang kegiatan monitoring Anda dan coworking space yang mendukung suasana meeting mingguan Anda.

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.