Self Discipline: Cara Mewujudkannya Selama Remote Working

March 26, 2022
self discipline ketika remote working

Table of Contents

Hidup di tengah banyak distraksi dan noise of information merupakan ujian terhadap self discipline. Baik pekerja remote maupun hybrid, kedisiplinan merupakan kunci sukses dalam berkarir. Sebab, mereka dipercaya untuk bekerja secara mandiri dan tetap dapat memenuhi tujuan kerja. Banyak hal positif yang dapat kita rasakan ketika patuh pada rencana kerja yang telah kita tetapkan. Mulai dari pekerjaan yang selesai tepat waktu, hingga apresiasi perusahaan akan kualitas kerja yang baik. 

Apa itu self discipline bagi pekerja remote?

Setiap orang memiliki definisi disiplinnya masing-masing. Secara umum disiplin diri adalah saat dimana Anda patuh pada rencana kerja yang telah dipersiapkan dan menahan diri dari godaan yang menjauhkan Anda dari rencana kerja tersebut. Tujuannya adalah untuk menjaga fokus Anda dan prioritas Anda, sehingga target kerja dapat tercapai dengan baik. Bagi pekerja remote, disiplin diri tidak berarti harus memaksakan atau sangat keras pada diri sendiri. Kemampuan pekerja untuk berpikir dan berencana di setiap aktivitas kerja yang sebenarnya menjadi acuannya. 

definisi self disicpline
Mematuhi rencana kerja merupakan langkah awal untuk membiasakan kedisiplinan diri

Pentingnya self discipline selama bekerja remote

Remote working atau hybrid working bukan berarti Anda bebas menentukan deadline. Kebebasan Anda berada dalam cara mengatur waktu dan tempat kerja agar rencana kerja tercapai dengan baik. Target dan deadline umumnya tetap diatur oleh employer atau perusahaan Anda. Sehingga kedisiplinan dalam bekerja secara efektif sangatlah penting dalam rangka memenuhi target kerja selama bekerja mandiri. Hampir setiap keputusan penting dalam membuat rencana kerja seluruhnya berada ditangan Anda.

pentingnya melatih self discipline
Pekerjaan menjadi lebih tertata dan terarah sehingga waktu kerja dapat dimaksimalkan

Cara untuk self discipline selama remote working

Syarat utama kedisiplinan diri agar produktivitas tetap terjaga adalah kemauan diri yang kuat. Kabar baiknya ada beberapa cara yang ampuh untuk membiasakan diri disiplin. 

1. Mengikuti jadwal yang telah Anda buat

Menghargai waktu merupakan aspek penting dalam kedisiplinan. Kepatuhan Anda pada setiap jadwal yang telah Anda buat, membuktikan bahwa Anda telah menghitung efektivitasnya sebelumnya. Mengganti jadwal di tengah jalan, seringkali merusak efektivitas kerja Anda. Sehingga Anda akan cenderung kehilangan jejak progress Anda ketika bekerja. Oleh karena itu pada saat Anda merumuskan jadwal, Anda harus benar-benar memastikan jadwal itu mungkin untuk dilakukan. 

2. Mengatur ekspektasi dengan jelas

Seringkali ekspektasi yang blur membuat Anda tertekan hingga memicu stres kerja. Cobalah untuk mengatur ekspektasi yang jelas pada rencana kerja dan aktivitas harian Anda. Mulai dengan mengatur prioritas, tingkat kesulitan, hingga indikator keberhasilan tugasnya. Dengan ekspektasi yang jelas, kedisiplinan diri akan terasa lebih mungkin untuk dicapai.

3. Jauhkan diri dari distraksi

Kebebasan diri dalam bekerja secara fleksibel membutuhkan inisiatif lebih dalam pemilihan tempat yang minim distraksi. Mengingat beban dan prioritas kerja Anda yang padat, tempat kerja menjadi hal yang perlu dipertimbangkan secara matang. Pilihlah tempat yang ergonomis dan nyaman untuk bekerja untuk memaksimalkan produktivitas Anda. Coworking space dapat Anda masukan dalam list pertama Anda dalam memilih tempat kerja. Sebab, suasana dan lingkungan kerja didalam coworking space diatur sedemikian rupa untuk mendukung produktivitas kerja Anda.

Temukan coworking space terdekat Anda melalui Deskimo untuk pengalaman kerja remote yang minim distraksi. Tersedia berbagai hotdesk dan meeting room untuk mendukung produktivitas harian Anda agar tetap berjalan lancar. Tanpa komitmen yang rumit dan bayar sesuai durasi penggunaan saja. 

cara melatih kedisiplinan diri ketika kerja remote
Disiplin bukan berarti keras terhadap diri sendiri tapi lebih tegas menjaga pola kerja yang direncanakan

Tanda bahwa Anda sudah membiasakan self discipline

Kedisiplinan idealnya merupakan bagian dari cara hidup dan bukan hanya sebuah fase sementara. Dalam prakteknya, dengan berlatihlah Anda akan terus tetap disiplin. Kedisiplinan juga merupakan tanda bahwa seseorang bertanggung jawab dalam hal kecil. Tanda bahwa Anda sudah membiasakan self discipline adalah: 

1. Tingkat stres akibat jadwal bertabrakan rendah

Ketika sudah melatih diri sehingga terbiasa disiplin, Anda akan merasa setiap agenda tercapai dengan tepat. Dari segi waktu yang telah direncanakan sudah Anda penuhi tanpa keterlambatan. Keterlambatan seringkali menjadi alasan Anda stres karena akan menyebabkan rangkaian jadwal selanjutnya menjadi terganggu. Ketepatan Anda memenuhi jadwal menghindarkan Anda dari stres kerja berlebih. Terlebih, Anda dapat menggunakan waktu senggang Anda untuk melakukan hal produktif lainnya setelah bekerja. 

2. Banyak target harian yang tercapai

Target harian yang Anda capai menunjukan bahwa Anda telah disiplin terhadap rencana kerja Anda. Memulai tepat waktu dan menyelesaikan tepat waktu memungkinkan Anda mengerjakan banyak tugas. Selain memberikan nilai plus bagi Anda di mata perusahaan, hal ini juga menghindarkan Anda dari tugas yang menumpuk dan lembur yang tidak berkesudahan. 

3. Distraksi sudah tidak menjadi hambatan

Ketika Anda sudah terbiasa disiplin, tidak ada distraksi yang berarti bagi Anda yang dapat menjauhkan Anda dari rencana kerja. Anda sudah dapat memahami bahwa prioritas kerja adalah hal yang utama. 

tanda sudah terbiasa teratur dalam bekerja
Bekerja sudah tidak menjadi beban yang mengganggu pikiran, Anda menjadi lebih tenang ketika bekerja

Manfaat self discipline selama remote working

Selama remote working Anda bekerja secara mandiri dan di beberapa organisasi memberikan supervisi yang minim. Kedisiplinan membawa banyak manfaat selama Anda bekerja remote. 

  1. Tidak ada event penting yang terlewatkan
  2. Bonus dan peluang promosi sangat mungkin dicapai
  3. Bekerja dengan lebih bahagia dan minim stres
manfaat ketika pekerjaan diselesaikan dengan baik dan tepat waktu
Setiap hari merupakan hari yang baik, work-life balance terjaga karena kedisiplinan diri ketika bekerja

Memang tidak mudah jika Anda belum terbiasa disiplin, namun jangan pernah berhenti mencoba. Ada banyak hal yang terlihat sulit namun tidak sesulit itu, Jangan biarkan beban kerja yang besar menjauhkan diri Anda dalam melatih kedisiplinan diri. 

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.