Turnover Karyawan: Cara Mengatasinya di Tahun 2022

April 12, 2022

Table of Contents

Dihadapkan dengan sumber daya manusia (SDM) handal yang terbatas menjadi pemicu utama turnover karyawan. Terlebih, masih harus berusaha untuk membawa karyawan kembali kerja ke kantor memberikan tantangan baru bagi perusahaan di masa kini. Kegagalan dalam menangani masalah tersebut dapat berdampak pada pergantian karyawan. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan tingkat pergantian pekerja sebuah perusahaan tinggi. 

Dalam survei COVID-19 pulse yang dilakukan oleh Mercer, sebagian besar responden Asia Tenggara mengamati angka penggantian karyawan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu khususnya di karyawan mid-level. 55% karyawan menyatakan ketidakpuasan dengan gaji adalah penyebab utamanya. Hal ini diikuti dengan 46% karyawan mendapatkan penawaran yang lebih baik di perusahaan lainnya. Dan terakhir sebesar 43% merasa jenjang karir yang terbatas. 

Apa itu turnover karyawan 

Menurut talenta.co, turnover karyawan adalah aktivitas pergantian karyawan di sebuah perusahaan yang disebabkan oleh faktor tertentu penyebab terjadinya perpindahan karyawan baik secara sukarela maupun tidak. Berbeda halnya dengan tingkat penggantian karyawan yang merupakan intensitas suatu perusahaan mengalami pergantian karyawan. Tingkat penggantian karyawan yang tinggi merupakan sesuatu yang semua perusahaan ingin hindari. Tidak mudah untuk menemukan dan mempekerjakan seseorang. Ditambah lagi adanya beban pekerjaan yang ditambahkan ke tim ketika ada kekosongan karyawan.

Dampak yang diakibatkan dari tingkat penggantian karyawan yang tinggi tidak hanya dalam hal operasional saja. Ketika banyak orang yang meninggalkan perusahaan secara berkelanjutan, hal ini akan mempengaruhi moralitas dan produktivitas karyawan. Yang pada akhirnya juga berpengaruh pada produk dan layanan dari perusahaan.  

turnover karyawan menjadi hambatan bagi perusahaan
Penggantian karyawan terus menerus tentu menghambat progress kerja karena proses rekrutmen yang tidak kunjung usai.
Photo by Christina @ wocintechchat.com on Unsplash

Penyebab turnover karyawan tinggi di tahun 2022

Pasca pandemi, pekerja menunjukkan minatnya untuk WFA atau minimal hybrid working. Dorongan mendapatkan fleksibilitas kerja membuat pekerja untuk mencari perusahaan yang memberikan kemudahan tersebut. Melihat kembali ke faktor penyebab penggantian karyawan, perusahaan menggunakan berbagai insentif seperti meningkatkan peluang promosi, menggaji lebih tinggi dan menerapkan bonus dari referral yang diberikan karyawan. 

Namun, perubahan besar yang diakibatkan COVID-19 memberikan sorotan terhadap faktor diluar insentif karyawan. Kembali mengutip hasil survei Mercer, 68% responden mengatakan reputasi perusahaan sebagai “tempat yang baik untuk bekerja” menarik banyak calon pekerja. Dan sebanyak 76% responden menyatakan budaya perusahaan berkontribusi dalam membuat karyawan betah di sebuah perusahaan. 

Hal ini menjadi masuk akal mengapa banyak perusahaan di Indonesia yang mulai menerapkan kebijakan work from anywhere (WFA) bagi karyawannya. Setidaknya ada 25 perusahaan Indonesia yang memberikan fleksibilitas ke karyawan mereka dalam menentukan tempat kerja. 

penyebab turnover karyawan di tahun 2022
Lingkungan, tingkat kompensasi, dan model kerja menjadi penentu seorang karyawan akan tetap setia atau tidak.
Photo by Claire Nakkachi on Unsplash

Cara mengatasi turnover karyawan tinggi pasca-pandemi

Minat pekerja telah bertransformasi kearah yang lebih fleksibel dan tidak hanya salary-oriented. Perusahaan harus dapat beradaptasi untuk membuat proses rekrutmen menjadi lebih menarik dan kompetitif. Rasio penggantian pekerja akan relatif dapat ditekan apabila perusahaan merupakan tempat kerja yang sehat dan berorientasi pada kesejahteraan pekerjanya. 

Coba untuk mengetahui lebih dalam apa yang menjadi ekspektasi pekerja. Umumnya pekerja yang mengharapkan kompensasi tinggi sangat cocok bagi perusahaan yang memberikan beban yang tinggi pula. Tren pekerja sekarang lebih menitikberatkan pada kesejahteraan dalam bekerja. Agar pekerja dapat bekerja dengan baik, diperlukannya sistem kerja yang fleksibel. 

mengatasi permasalahan keluar masuknya pekerja
Mengatasi pergantian karyawan memang tidak mudah tapi dapat diusahakan dengan menciptakan lingkungan kerja yang sehat.
Photo by Mapbox on Unsplash

Tawarkan flexible working bagi pekerja 

Kemudahan bekerja di mana saja sudah banyak diterapkan dan disarankan jika sebuah perusahaan mulai beradaptasi. Terutama pada sektor teknologi, yang dimana banyak pekerja esensial yang tidak begitu butuh untuk datang ke kantor. Dalam konteks tersebut, Anda dapat membuat rekrutmen Anda menjadi lebih bersaing. 

Dengan mengikuti tren pekerja, perusahaan Anda mendapatkan impresi bahwa perusahaan berorientasi pada pekerja. Perusahaan pada akhirnya dapat menjadi tempat nyaman untuk pekerja dalam jangka panjang. Dengan begitu tingkat pergantian karyawan akan menurun dan loyalitas pekerja akan meningkat. 

menjaga loyalitas pekerja dengan flexible working
Flexible working menjadi jalan pintas perusahaan untuk mencegah penggantian karyawan yang terlalu sering.
Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Bekerja sama dengan coworking space untuk pekerja hybrid

Kini menyewa kantor dengan komitmen panjang hanyalah salah satu opsi untuk menyediakan tempat kerja kondusif bagi karyawan. Deskimo menawarkan flexible workspace yang tidak terikat dengan komitmen panjang. Perusahaan hanya perlu membayar ketika karyawan menggunakan hot desk dan meeting room. Untuk memfasilitasi hal tersebut Anda dapat mendaftarkan perusahaan ke Deskimo for business. Layanan kami tidak hanya membuka akses ke berbagai coworking area terdekat. Tim Anda juga dapat memesan meeting room di mana dan kapan saja Anda butuhkan. 

deskimo for business untuk menemukan tempat kerja terbaik untuk perusahaan
Platform yang memudahkan perusahaan dalam mengakses coworking space dan meeting room terbaik.
Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.