Working From Anywhere di 25 Perusahaan Ini, Part 2!

March 29, 2022
working from anywhere

Table of Contents

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas daftar 25 perusahaan yang menawarkan working from anywhere. Tidak hanya itu, kita juga menjabarkan lebih detail mengenai work from anywhere dan manfaatnya. Semakin banyak perusahaan yang mulai menerapkan sistem kerja dari mana saja di Indonesia. Inilah daftar lanjutan 25 perusahaan lainnya yang juga menerapkan sistem kerja remote.

1. Amdocs

Amdocs, perusahaan software yang mendorong pekerjanya untuk menerapkan fleksibilitas kerja. Mereka berorientasi pada output atau hasil kerja dengan harapan sang pekerja mampu mengatur sendiri work-life balance dengan baik. 

2. SayurBox

Sayurbox adalah e-commerce grosir pertanian-ke-meja terkemuka di Indonesia, menyediakan ribuan sayuran, buah-buahan, daging, makanan laut, dan barang kebutuhan sehari-hari yang terjangkau dan berkualitas tinggi yang bersumber langsung dari petani, produsen, dan pemasok lokal. Perusahaan SayurBox menerapkan WFA bagi beberapa divisi seperti product designer, product manager, hingga data scientist.

3. Bibit.id

Bibit adalah aplikasi reksadana yang membantu pengguna untuk mulai berinvestasi. Siapa pun bisa langsung investasi sesuai dengan tingkatan risiko. Bibit.id menawarkan sistem WFA bagi beberapa posisi seperti employer branding hingga software developer. 

4. Gudangada

GudangAda adalah aplikasi B2B ecommerce yang menghubungkan grosir dan eceran di seluruh Indonesia. Mereka diketahui sempat membuka berbagai lowongan dengan sistem WFA. Meski tidak semua divisi dapat sistem ini, Gudangada terus berusaha untuk menciptakan budaya fleksibel dalam timnya. 

5. Mekari

Mekari menyediakan aplikasi on-demand untuk membantu pebisnis dalam memproses absensi, payroll, pembukuan, sampai ke perpajakan sehingga bisa lebih fokus ke pengembangan bisnis. Mekari sempat membuka rekrutmen bagi divisi tech untuk bekerja secara WFA. Belum dapat dipastikan apakah kedepannya Mekari akan menerapkan WFA permanen.

6. Revou

Revou adalah platform pendidikan online yang membekali murid dengan keterampilan digital yang sedang in-demand di zaman industri teknologi 4.0. Revou masih secara aktif mengajak para top talent Indonesia bergabung dan bekerja secara remote ataupun WFA.

7. Campaign

Campaign membuka berbagai peluang kerja WFA bagi beberapa divisinya seperti Graphic Designer hingga Finance. Terlihat di berbagai job posting Campaign bahwa mereka akan terus menerapkan sistem kerja WFA dan meluas di berbagai divisi lain seperti tech. 

8. Stockbit

Stockbit merupakan sebuah platform investasi saham, tempat untuk berdiskusi, hingga update berita terkini seputar saham. Stockbit secara terang-terangan mengedepankan flexible work culture dalam websitenya. Hampir semua posisi pada job posting milik Stockbit terapkan sistem WFA. 

9. Caribencana.id

Cerdas Antisipasi RIsiko bencana (CARI!) adalah start-up berbasis teknologi informasi yang bekerja untuk meningkatkan manajemen pengetahuan untuk pengurangan risiko bencana. Pada beberapa kesempatan lalu, mereka sempat membuka rekrutmen pada posisi Data Analyst dengan sistem WFA. Belum dapat dipastikan bahwa platform Caribencana.id ikut aktif dalam memberikan sistem WFA pada mayoritas divisinya. 

10. Warung Pintar


Warung Pintar adalah penyedia jasa membantu bisnis UMKM agar dapat mendigitalisasi pertumbuhan konsumen di Indonesia. Platform ini membuka banyak peluang karir dengan sistem WFA yang dapat anda akses melalui websitenya.

11. Niaga Hoster

Niaga Hoster merupakan perusahaan web hosting yang berpusat di Yogyakarta. Hampir semua posisi yang tercantum di laman website mereka menawarkan sistem WFA. 

12. Amartha

Amartha adalah pionir fintech (financial technology) peer-to-peer (P2P) lending online di Indonesia. Role seperti Enterprise Risk Manager, Lead Engineer, hingga Head of Product Design terbuka untuk sistem kerja remote penuh.

13. Pintek.id

Pintek.id memberikan program pendanaan untuk seluruh jenjang pendidikan, institusi pendidikan, dan supplier pendidikan. Melalui platform ini Anda yang memiliki di bidang tech seperti software engineering dapat bekerja remote secara penuh.

14. Ayoconnect

Ayoconnect membantu pengembang produk meluncurkan fitur finansial yang dibutuhkan pelanggan dengan cepat dan mudah. Ayoconnect masih menerapkan full work from anywhere bagi para pekerjanya dan bagi calon pekerja mendatang. 

15. Sribu.id

Sribu adalah website jasa desain online yang menghubungkan antara klien yang membutuhkan desain dengan komunitas desainer melalui sistem kontes. Sejauh ini terdapat peluang untuk mengisi posisi Product Manager dengan sistem WFA. 

16. Blibli.com

Blibli.com merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C. Mereka tengah aktif dalam rekrutmen dengan sistem WFA bagi divisi marketing dan technya. 

17. Zenius 

Zenius merupakan platform pendidikan pertama di Indonesia yang meluncurkan fitur belajar LIVE dan interaktif untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi. Terbiasa dalam memberikan layanan jarak jauh, mereka membuka peluang WFA bagi divisi technya terutama di bagian back-end developer. 

18. Kopi Kenangan

Kopi kenangan perusahaan yang bergerak di bidang kopi minuman yang turut meramaikan pasar kopi kekinian di Indonesia. Meski sempat membuka lowongan untuk bergabung dengan tim secara WFA, kini Kopi Kenangan menawarkan sistem kerja Hybrid bagi pekerjanya.

19. Sirclo

SIRCLO merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang solusi e-commerce. Mereka menawarkan sistem kerja full remote atau WFA khususnya untuk posisi customer support dan tech division.

20. Fazz Financial

Fazz Financial Group adalah grup layanan keuangan digital yang didirikan pada tahun 2016. Dengan berada di berbagai negara se Asia Tenggara, Fazz menawarkan berbagai posisi dengan sistem WFA. Salah satu posisi yang terbuka dengan sistem full remote ini adalah Business Development Leader.

21. Binar Academy

Binar Academy adalah lembaga pendidikan non-formal yang bertujuan untuk menghasilkan talenta-talenta digital yang berkompetensi. Posisi seperti Program Manager, Senior Talent Acquisition Specialist, dan lain-lain terbuka dengan sistem kerja WFA. 

22. Quipper

Quipper merupakan perusahaan teknologi pendidikan yang berdiri pada tahun 2010 dengan misi memberikan pendidikan terbaik hingga ke daerah terpencil. Secara umum Quipper mengajak para pekerja agar dapat WFA ataupun hybrid working. Selama untuk kebaikan perusahaan dan sang pekerja, Quipper memberikan kebebasan untuk Anda mengajukan sebuah rencana untuk WFA. 

23. Ula

Ula merupakan layanan berbasis aplikasi untuk memudahkan aktivitas wirausaha mikro, seperti mencari supplier, mengatur stok barang, dan pengiriman barang, serta membantu UKM mengembangkan usahanya. Dalam mencari talenta terbaiknya, Ula memberikan model kerja WFA bagi tech division dan juga marketing. Bagi Anda seorang tech head, jangan lewatkan kesempatan WFA bersama tim Ula.

24. Kita Bisa

Kitabisa.com adalah platform penggalangan dana dan donasi digital yang menghubungkan jutaan kebaikan di Indonesia. Kita Bisa menyediakan berbagai lowongan pekerjaan dengan sistem WFA, mulai dari divisi tech maupun non-tech. Mereka memiliki visi untuk tidak hanya sekedar bekerja, namun juga bekerja dengan tujuan atau makna agar dapat membagikan kebaikan kepada orang lain.

25. Pegi Pegi

Pegipegi adalah salah satu brand online travel agent ternama di Indonesia yang menyediakan akses transportasi dan akomodasi yang mudah dan terjangkau di nusantara. Pegi Pegi membuka berbagai kesempatan bagi top talent untuk bergabung bersama tim mereka secara full remote. Tersedia berbagai posisi mulai dari CEO Office Analyst hingga Android Developer dengan sistem WFA. 

daftar perusahaan working from anywhere
Ketahui semua informasi tentang perusahaan ini melalui website resmi perusahaan atau job portal terpercaya.

Tips dalam memilih pekerjaan working from anywhere 

1. Ketahui skill set yang dibutuhkan

Baik itu softskill maupun hardskill, pastilah sangat dibutuhkan di dunia kerja, meskipun kerja tersebut dapat dilakukan dimanapun atau WFA. Skill utama yang harus dimiliki adalah komunikasi, kerja sama tim, kemampuan menyelesaikan masalah, inisiatif dan berusaha, membuat dan mengatur rencana, manajemen pribadi, belajar dan juga melek teknologi. 

Skill yang telah disebutkan diatas merupakan softskill yang harus dimiliki semua pekerja, dan pada semua bidang apapun. Kebiasaan dalam menerapkan efektivitas kerja juga berperan membantu Anda untuk menilai kesiapan Anda bekerja work from anywhere. Dari sisi hardskill Anda harus mengetahui skill apa yang dibutuhkan sebelum melamar.  Sebagai contoh jika Anda mendaftar sebagai senior programmer maka Anda harus memiliki skill software engineering

2. Perhatikan level expertise

Sebelum Anda mencoba untuk terjun ke dunia kerja, akan lebih baik jika Anda dapat menilai tingkat kemampuan Anda dalam melakukan suatu hal. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk mendaftar pekerjaan sebagai Graphic Designer, tentu saja Anda harus punya skill dasar untuk menjalankan program Adobe Photoshop.

Nah dari kemampuan menjalankan Adobe Photoshop tersebut, Anda bisa melihat sejauh mana Anda paham dalam menjalankan program tersebut. Tingkatan skill dapat dibagi menjadi lima (5), yaitu novice, advanced beginner, competent, proficient, dan expert.

3. Pahami hak dan kewajiban selama bekerja remote

Bekerja remote memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur waktu dan tempat bekerja. Namun Anda harus memastikan bahwa komunikasi dan target kerja diperhatikan dengan baik.

Pertama, pastikan Anda sudah memperlengkapi diri Anda dengan berbagai teknologi penunjang kerja remote. Hal ini dapat membantu Anda untuk bekerja secara optimal. Kedua, pastikan Anda menetapkan jadwal kerja dan mematuhinya. Disiplin kerja diperlukan untuk memudahkan Anda terbiasa dengan perbedaan waktu bekerja dan waktu bersantai. 

Yang tidak kalah pentingnya, tempat Anda bekerja juga memainkan peran yang krusial. Lingkungan kerja yang kondusif akan mendukung Anda untuk bekerja secara efektif. Temukan tempat kerja terdekat dengan Deskimo. Kini bekerja di mana saja menjadi lebih mudah, karena Deskimo memungkinkan Anda dapat mengakses hot desk di berbagai lokasi tanpa perlu komitmen panjang. Dan Anda hanya perlu membayar sesuai dengan pemakaian saja. 

4. Pastikan sistem working from anywhere sudah sesuai dengan ekspektasi

Banyak hal yang harus dipastikan saat Anda memutuskan untuk WFA. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saluran komunikasi harus lancar. Ketahui dan pelajari platform komunikasi yang digunakan. Kini ada berbagai macam platform yang dapat digunakan, seperti Zoom, Teams, dan Slack. Pastikan kelancaran komunikasi dengan menggunakan koneksi internet yang lancar. 

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda. Perhatikan budaya bekerja yang diterapkan oleh perusahaan. Ada baiknya mengikuti jam kerja mayoritas dari tim yang berkaitan dengan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk membangun semangat kerja bersama dan memudahkan diskusi dalam tim. Ekspektasi yang sudah sejalan membuat Anda lebih nyaman ketika sudah mulai bekerja nantinya.

tips working from anywhere
Persiapkan segala persyaratan agar dapat bersaing dengan pelamar lainnya.

Coworking space menjadi rekomendasi tempat working from anywhere

Coworking space menyediakan suasana kerja yang berbeda dari ruang kerja konvensional. Disini, banyak pekerja lepas yang sering bekerja sendiri atau bersama teman-temannya. Dengan suasana yang mendukung, coworking space menjadi alternatif yang baik untuk bekerja dimana saja (WFA). Ruang kerja bersama tempat kerja yang nyaman dan minim distraksi, sehingga fokus kerja akan lebih terjaga. Tersedianya meeting room juga memungkinkan anda untuk melakukan meeting reguler dengan tim kapanpun dibutuhkan. Fasilitas kerja yang tersedia juga tidak perlu diragukan lagi untuk menunjang kerja anda. Printing machine, free flow mineral water, hingga in-house cafe akan membuat anda nyaman seharian bekerja.

coworking space menjadi tempat nyaman bekerja
Bekerja aman dan nyaman di coworking space terdekat

Work from anywhere akan menjadi “new normal” dalam dunia kerja

Dilansir dari Forbes, survei Flexjobs menjelaskan lebih dari 2.100 orang yang bekerja secara remote selama pandemi berlangsung. Mereka yang telah bekerja secara remote juga menginginkan untuk tetap bekerja dari rumah, dan bahkan mereka yang kemungkinan besar akan kembali bekerja dari kantor mengatakan bahwa mereka akan mencari pekerjaan baru.

working from anywhere new normal
Masa depan dunia kerja di prediksi akan membuat working from anywhere menjadi hal normal

Memang, karena sifatnya yang fleksibel, work from anywhere dirasa merupakan pilihan tepat untuk bekerja masa kini. Tak heran bahwa WFA menjadi “new normal” yang akan ditetapkan oleh perusahaan di tengah masa pandemi ini.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.