Workplace Management System: Kelola Tempat Kerja Hybrid

May 11, 2022
workplace management system

Table of Contents

Workplace Management System – Dunia dan lingkungan kerja sudah berubah drastis sejak dua tahun lalu. Deskimo menilai adanya peningkatan jumlah perusahaan yang merubah model kerjannya menjadi remote atau hybrid working. Salah satu buktinya adalah fenomena dimana para pemilik bisnis telah menyadari bahwa permintaan dari para pekerja menjadi sangat kolektif tentang hybrid working

Para pekerja menganggap bahwa perusahaan yang menarik adalah apabila opsi remote working tersedia. Diikuti pergeseran struktur dalam tim, semakin sedikit perusahaan atau agensi yang terdiri dari pekerja lokal dalam kota karena jarak bukan lagi masalah. Hybrid working sudah menjadi new normal dalam dunia kerja masa kini. Sebab, mayoritas diskusi dan meeting tidak hanya secara tatap muka namun juga diadakan secara online

workplace management system membantu hybrid working
Dunia kerja sudah berkembang menjadi lebih fleksibel dan hybrid working menjadi mode kerja yang umum diterapkan.
Photo by Nguyen Dang Hoang Nhu on Unsplash

Solusi tempat kerja efektif dan kondusif berawal dari Deskimo

Deskimo menyelesaikan permasalahan pekerja kantoran yang terhambat untuk pergi ke kantor akibat kebijakan social distancing selama pandemi. Perusahaan-perusahaan yang telah bergabung bersama Deskimo mendapat kemudahan akses untuk memilih ruang kerja yang variatif dan banyak tersebar di berbagai daerah. Sehingga pada akhirnya para pekerja dapat bekerja dalam lingkungan kerja yang profesional dan dekat dengan rumah. Sebab, pada negara seperti Hong Kong, Singapura, dan Indonesia, tercatat banyak tempat tinggal yang terlalu kecil atau tidak didesain untuk bekerja. Memiliki akses ke ruang kerja profesional tentu akan meningkatkan produktivitas bagi para pekerja. 

Beriringan dengan transformasi ini, tempat kerja diharapkan dapat beradaptasi dengan situasi terkini, dengan mengingat kembali alasan keberadaannya dan menata ulang tujuannya. Lorong-lorong kantor dan ruang makan dinilai menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk menjaga dan memperdalam hubungan antara pekerja. Area-area ini seolah menjadi tempat yang lebih penting daripada meja kerja. Artinya, sebenarnya bekerja bisa dilakukan di mana saja. Namun, membangun koneksi dan menyelesaikan masalah rumit akan lebih mudah dilakukan dengan sebuah pertemuan atau rapat tatap muka ketimbang meeting melalui Zoom. 

sistem untuk mengatur ruang kerja bagi perusahaan
Baik remote atau hybrid working tetap membutuhkan ruang kerja yang nyaman dan dekat rumah. Photo by Rodeo Project Management Software on Unsplash

Kantor akan tetap ada dan relevan

Deskimo percaya bahwa kantor akan tetap ada dan akan menjadi ruang kreatif untuk melahirkan ide-ide baru dan memecahkan berbagai masalah. Agar kantor dapat berfungsi sesuai tujuan barunya, hanya pekerja tertentu yang perlu datang ke kantor pada saat yang dibutuhkan saja. Dengan Deskimo, Anda dapat mengakses berbagai flexible workspace yang dikelola secara profesional kapanpun Anda membutuhkannya untuk bekerja dan membayar setiap menit penggunaan saja. Sehingga meja kerja dapat digunakan secara efektif dan pekerjaan yang membutuhkan kerja sama tim akan terjaga dengan baik. 

Model kerja hybrid menawarkan berbagai potensi untuk perusahaan dapat menghemat biaya. Jumlah meja dapat dikurangi jika pekerja hanya datang 2-3 hari per minggu secara bergantian. Ini merupakan pengaturan yang disukai sebagian besar perusahaan dari daftar pengguna kami. 

pengelolaan kantor yang tepat dan efisien
Sebagai pusat pertemuan para pekerja, kantor akan tetap menjadi opsi dan dengan pengelolaan yang tepat dapat terus diminati.
Photo by Radowan Nakif Rehan on Unsplash

Workplace Management System by Deskimo

Oleh karena itu, Deskimo menghadirkan platform teknologi, yang disebut Workplace Management System (WMS).Platform ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kantor secara hybrid. Office Manager dapat mengatur lokasi kantor, menentukan lantai, area, ruang rapat, dan fasilitas lainnya, yang kemudian dapat dipesan oleh siapa saja dalam tim. Department Head atau Team Leader dapat mengatur daftar staf mereka untuk menentukan tim atau kelompok mana yang harus datang ke kantor, untuk memfasilitasi interaksi langsung sembari mengefektifkan penggunaan kantor. Pekerja dapat mengatur jadwal mereka sendiri, menunjukkan kapan mereka bekerja dari luar kantor, kapan mereka akan masuk, dan melihat jadwal yang diberikan oleh sang manajer. 

Integrasi Workplace Management System dengan coworking space dan serviced office rekanan

Deskimo berhasil mengintegrasikan workplace management system ini dengan ruang kantor rekanan yang tersebar di berbagai kota besar. Jika kantor yang dipilih perusahaan telah memaksimalkan penggunaannya, karyawan dapat memilih ruang kerja lain. Karyawan punya pilihan  lokasi di dekat rumah, kantor, atau klien mereka dan bekerja dari sana. Pekerja jarak jauh yang merupakan bagian dari tim hybrid dapat mengakses layanan on-demand marketplace Deskimo tanpa harus mengakses WMS. Layanan ini menyediakan manfaat yang sama seperti pekerja yang bekerja di kantor pusat perusahaan. Deskimo menjadikan tempat kerja lebih setara bagi semua orang dan memungkinkan pekerja tetap produktif terlepas dimana lokasi mereka berada.

Masa depan kerja akan berdampak pada sebagian besar dari kita, dan itu akan mengubah real estate dan pembangunan perkotaan dalam jangka panjang. Dan Deskimo menjadi pusat dari seluruh tren ini. Teknologi kami memungkinkan peralihan tempat kerja dari kawasan pusat bisnis ke pengaturan yang lebih terdesentralisasi dan terukur.

workplace management system
Sistem yang dapat membantu sebuah perusahaan atau tim agar dapat mengefektifkan penggunaan ruang kerja secara lebih fleksibel.

Your feedback matters

Kami ingin mendengar pandangan Anda tentang masa depan kerja, tantangan apa yang Anda hadapi baik sebagai pemberi kerja maupun pekerja dan apa ide Anda untuk mengatasinya.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Deskimo kunjungi www.deskimo.com dan untuk trial Workplace Management System (WMS) yang baru diluncurkan, kunjungi www.deskimo.com/workplace-management. Bagikan saran dan kritik anda. Kami sangat menghargai setiap feedback yang Anda berikan.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.