Sistem Kerja Remote Bagi Pekerja Industri Digital Kreatif

February 15, 2022
sistem kerja remote

Table of Contents

Pekerja industri digital sangat membutuhkan sistem kerja remote agar dapat lebih nyaman bekerja. Dalam upaya mendorong kreativitas, sistem kerja jarak jauh adalah solusi efektif. Kreativitas itu sendiri merupakan sebuah fenomena yang tidak dapat ditentukan kapan kemunculannya. 

Menurut Utami Munandar, seorang Guru Besar Fakultas Psikologi UI, kreativitas adalah kemampuan yang mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir serta kemampuan untuk mengelaborasi suatu gagasan. Sehingga fleksibilitas kerja akan sangat menentukan hasil yang akan dicapai.

Karakteristik pekerja industri digital kreatif

Para pekerja industri digital kreatif umumnya datang dari latar belakang seni. Sudah bukan merupakan hal baru bahwa mayoritas orang seni sangatlah kasual. Mereka mencintai kebebasan dalam berpikir dan berpenampilan. Hal ini kemudian mempengaruhi cara mereka dalam menciptakan sebuah karya. 

Para pekerja tersebut sangat didukung oleh lingkungannya untuk mengekspresikan diri. Walau pada beberapa kantor ada yang memberikan syarat minimal harus rapi.  Dalam praktek kerjanya, para pekerja industri digital kreatif modern maupun tradisional seringkali tergantung pada mood dan suasana kerja mereka. Burnout dan kebuntuan seringkali muncul jika kebebasan mereka sangat terbatas. 

Pekerja industri digital sangat cocok dengan sistem kerja remote
Pekerja industri digital cenderung bebas berekspresi dan menuangkan idenya.

Mengapa diperlukannya sistem kerja remote?

Sistem kerja remote sangat diperlukan guna menunjang performa pekerja tersebut. Dengan memberikan keleluasaan tersebut, sang pekerja dapat lebih leluasa mencari inspirasi. Jika sebuah ide muncul mereka dapat dengan mudah dan dapat segera menuangkannya.  

Namun sistem kerja tersebut perlu diikuti dengan sebuah monitoring yang baik. Selain memberikan manfaat baik bagi kinerja, dapat juga mendorong agar monitoring akan pekerja tersebut agar lebih maksimal. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang diinginkan bersama antara pekerja dan perusahaan. 

Memang betul, ada beberapa kantor yang memberikan sentuhan artistik dan suasana yang nyaman di kantor. Meski begitu hal tersebut belum tentu menjadi hal yang diinginkan sang pekerja. Dengan memberikan opsi sistem kerja tersebut, pekerja merasa memiliki opsi untuk memaksimalkan karyanya.

remote working sangat membantu pekerja industri kreatif
Sistem kerja remote membantu pekerja industri digital dalam eksplorasi ide.

Masalah work from home yang menghambat kreativitas

Kewajiban rumah tangga

Jika masih serumah dengan keluarga tentu Anda akan dibebani beberapa tugas rumah. Meskipun sesederhana mencuci pakaian atau pun mengantar orang rumah. Hal itu akan menjadi masalah ketika waktu Anda ingin bekerja tapi harus melakukan tanggung jawab tersebut. 

membersihkan rumah ketika remote working.
Sekecil apapun tugas rumah jika bertabrakan dengan waktu kerja akan terasa berat dan merepotkan.

Stabilitas koneksi internet

Koneksi internet yang stabil sangat membantu Anda dalam bekerja tanpa gangguan. Apabila Anda membutuhkan koneksi internet yang lebih stabil dan kecepatan lebih tinggi, on-demand workspace bisa menjadi opsi karena mayoritas menggunakan internet standar bisnis. 

Ada perbedaan yang signifikan antara internet standar pribadi dan bisnis, tentukan pilihanmu.

Distraksi berkelanjutan

Distraksi dari dalam diri cenderung muncul jika tempat kerja dan tempat tidur berada pada satu ruangan. Keinginan diri untuk rebahan dan bermain handphone sangatlah kuat. Kesadaran terhadap distraksi ini dapat menyelamatkan kualitas kerja Anda.  

seorang pemuda sedang bermain handphone di kasur ketika remote working.
Seringnya bekerja di kamar cenderung memicu prokrastinasi lebih sering.

Hilangnya batas antara waktu kerja dan waktu keluarga atau me time ketika sistem kerja remote

Ketika semua kegiatan terjadi di rumah, Anda cenderung kurang memperhatikan waktu. Perbedaan tempat kerja dan rumah menjadi detektor Anda untuk bekerja atau pun beristirahat. Kebiasaan ini membuat Anda susah mengatur waktu untuk kapan bekerja dan beristirahat.

sistem kerja remote yang membuat orang kerja di kamar
Memisahkan tempat kerja dan tempat beristirahat efektif untuk meningkatkan work-life balance.

Apakah sistem kerja remote sekarang sudah ideal?

Sudah cukup ideal namun perlu dikembangkan dalam memberikan fleksibilitas waktu kerja. Tidak semua perusahaan industri digital memberikan fleksibilitas waktu meski WFH bagi pekerjanya. Mengingat para pekerja tersebut mengandalkan momentum dan mood kerja, akan sangat lebih bijak apabila fleksibilitas waktu kerja diberikan. Masalah work from home dapat diantisipasi dengan on-demand workspace yang sangat terkenal oleh fasilitasnya. 

On-demand workspace menjadi solusi ketika banyak distraksi saat WFH

On-demand workspace merupakan pilihan tepat bagi para pekerja yang ingin bekerja diluar namun tetap dekat dengan rumah mereka. Edukasi terhadap flexible workspace ini akan sangat membantu pekerja Anda dalam mencari alternatif tempat untuk mencari inspirasi.

Kunjungi Deskimo untuk rekomendasi workdesk dan meeting room di Jakarta dengan berbagai fitur dan harga. Anda dapat datang kapan pun Anda ingin bekerja tanpa distraksi, tanpa komitmen, dan bayar sewa sesuai penggunaan saja. 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.