Work From Anywhere di 25 Perusahaan Ini!

March 18, 2022
work from anywhere tahun 2022

Table of Contents

Melihat meningkatnya tren flexible working, mendorong perusahaan menilai efektivitas dan efisiensi sistem work from anywhere. WFA dianggap sangat berpotensi dilakukan pada beberapa sektor perusahaan, namun tidak semua. Bagi anda yang berminat dengan konsep work from anywhere, ada kabar baik untuk anda. Ada 25 perusahaan yang menawarkan sistem kerja remote secara permanen. 

Sistem kerja work from anywhere itu apa?

Sederhanya, anda bekerja tidak harus ke kantor melainkan dimana saja selama terkoneksi dengan internet yang stabil. Menurut huller.io, WFA adalah sistem kerja bagi karyawan bekerja fleksibel dimana saja selama tetap produktif dan terkoneksi dengan perusahaan. Sistem kerja ini mengandalkan kemandirian dan inisitatif pekerja untuk menepati target kerja. Dengan bantuan teknologi, WFA sangatlah mungkin untuk dilakukan dan efektivitas kerja seseorang tetap dapat terjaga dan termonitor. 

Pernah mendengar istilah digital nomad? nah, mereka adalah contoh pekerja WFA yang berpindah-pindah tempat untuk berlibur sekaligus bekerja. Umumnya mereka memiliki komunitas yang berfungsi untuk saling membantu para digital nomad untuk travelling sambil bekerja. 

work from anywhere membutuhkan koneksi internet yang stabil
Bekerja efektif selama terdapat koneksi internet yang stabil

Manfaat work from anywhere bagi perusahaan maupun pekerja

1. Produktivitas meningkat

WFA memberikan kebebasan karyawan dalam menentukan tempat kerjanya. Tempat seperti coworking space merupakan tempat yang nyaman dan kondusif untuk bekerja. Produktivitas meningkat ketika seorang bekerja di lingkungan yang cocok. Temukan coworking space dan meeting room terdekat anda melalui Deskimo untuk pengalaman WFA yang lebih nyaman. 

2. Fleksibilitas tinggi

Banyak pekerja sedang berusaha untuk mewujudkan work-life balance ketika bekerja. Dengan memberikan sistem kerja fleksibel, pekerja akan lebih termotivasi dalam bekerja dan work-life balance terjaga. Sistem kerja WFA membuat seseorang dapat memberikan ruang gerak pekerja secara lebih luas. 

3. Peluang rekrutmen yang lebih luas

Karena calon kandidat yang akan anda rekrut tidak harus ada di kota bahkan negara yang sama dengan lokasi kantor. Artinya, banyak kandidat dari berbagai tempat yang juga berkesempatan untuk melamar kerja. Tentu hal ini bermanfaat dalam proses rekrutmen agar lebih cepat. Sebab kandidat bisa didapatkan dari mana saja tanpa terbatas di lokasi tertentu.

manfaat work from anywhere
Permintaan WFA cenderung meningkat karena menjaga work-life balance lebih baik

Daftar 25 perusahaan dengan sistem work from anywhere

1. Pinhome

Pinhome dapat menjadi salah satu peluang kerja work from anywhere bagi anda. Mereka menilai bahwa selama ini work from anywhere yang telah diterapkan membawa progress yang baik. Sangat mungkin apabila Pinhome akan terus menetapkan sistem kerja tersebut. 

2. eFishery

eFishery startup Aqua-Tech pertama di Asia, membangun ekosistem Akuakultur berkelanjutan dengan teknologi yang membantu budidaya ikan/udang. eFishery memiliki pendapat yang tidak jauh berbeda, mereka menilai banyak manfaat yang dibawa pekerja ketika mereka bekerja dari mana saja. 

3. Pahamify

Pahamify adalah platform belajar online dimana siswa bisa mengakses berbagai konten materi pelajaran ataupun materi keahlian atau pengetahuan lainnya. Perusahaan ini sedang mencari berbagai talent untuk bergabung bersama tim untuk terus mengembangkan platformnya. Tersedia berbagai peluang karir yang menawarkan WFA hingga sistem hybrid working. 

4. Amar Bank

Amar Bank telah sejak lama menerapkan sistem  WFA dan dinilai berjalan dengan sangat baik sejauh ini. Terlepas itu, Amar Bank menawarkan sistem hybrid working untuk tetap memberikan kemudahan bagi pekerjanya sekaligus mempertahankan mutu dan kualitas kerja. 

5. Sekolah.mu

Sekolah.mu menyediakan berbagai posisi software engineering hingga operasional dengan sistem WFA. Selain itu perusahaan ini juga menawarkan berbagai fleksibilitas dan insentif seperti Casual dress code, Company outings, Flexible hours, Free food, dan Recreational area.

6. CoLearn

Colearn merupakan salah satu yang paling awal menerapkan WFA bagi pekerjanya. Hingga sekarang mereka tetap mempertahankan sistem kerja WFA tersebut mengingat efektif bagi produktivitas dan kesehatan mental pekerjanya.

7. Qasir.id

Qasir menjadi salah satu penyedia jasa layanan sistem kasir tidak mau ketinggalan dengan model kerja WFA yang sedang ramai. Mereka menyediakan berbagai posisi khususnya posisi tech untuk dapat bekerja secara WFA.

8. Finantier

Sebagai salah satu pihak yang sangat memahami bahwa cara kerja tiap orang berbeda membuat Finantier menerapkan model kerja WFA. Terdapat banyak posisi tech untuk Anda para software engineer hingga devops untuk terus mengembangkan layanan keuangan Finantier. 

9. ALAMI

Perusahaan Alami berjalan di bidang fintech peer-to-peer lending, menilai bahwa terdapat peningkatan performa pekerja pada awal penerapan WFA. Pemberlakuan WFA (work from anywhere) secara permanen dan empat hari kerja menjadi inovasi terbaru yang menjadi bagian dari Program Employee Well-Being Project Alami. 

10. BukuWarung

BukuWarung merupakan penyedia layanan pencatatan keuangan dan pembayaran. Termasuk salah satu perusahaan yang menawarkan sistem WFA bagi pekerjanya khususnya tech division.

11. Flip

Flip percaya bahwa jarak tidak menjadi masalah. Oleh karena itu sejak Februari 2022 lalu mereka telah menerapkan WFA secara permanen bagi pekerjanya. Terlebih, Flip memberikan berbagai insentif lain seperti mental health support hingga training untuk pekerjanya. 

12. Moladin

Moladin membuka banyak posisi pada tech divisionnya untuk bekerja secara flexible termasuk WFA. Terdapat banyak benefit lain untuk personal development dan asuransi yang dapat anda rasakan ketika bergabung bersama Moladin. 

13. HappyFresh

HappyFresh membantu dalam belanja berbagai kebutuhan rumah tangga dengan lebih mudah dan cepat. Tersedia berbagai posisi baik di bidang tech maupun non-tech dengan sistem WFA. Para pekerja diharapkan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan dan cara kerjanya masing-masing untuk mencapai output kerja yang memuaskan.

14. TADA

TADA merupakan perusahaan yang membantu bisnis dalam mengatur customer retention dalam sebuah platform. Banyak posisi mulai dari internship hingga business director dengan sistem WFA. TADA akan terus untuk melanjutkan menggunakan sistem WFA, mengingat banyak progress berkualitas selama penerapannya.

15. Influx

Influx telah menerapkan WFA bahkan sejak sebelum pandemi. Hingga sekarang mereka tetap membuka lowongan pada bagian customer support dan tetap WFA. Hanya perlu laptop, koneksi internet yang mumpuni, dan tempat yang tenang. 

16. 5758 Creative Lab

5758 Creative Lab sedang mencari talent untuk mengisi posisi KOL Specialist dengan sistem WFA. Sangat mungkin untuk kedepannya membuka posisi lain dengan sistem WFA. Fresh graduate sangat didorong untuk mendaftarkan diri dan bergabung bersama tim. 

17. KlinikPintarIDI

KlinikPintarIDI menawarkan sistem kerja remote bagi tech division dalam mengembangkan softwarenya. Bagi Anda seorang project manager atau software engineer dan mencari pekerjaan yang tidak harus ke kantor, silahkan mendaftar. 

18. Ajaib

Sejak Januari 2022 Ajaib telah resmi menerapkan sistem kerja WFA. Posisi tech maupun non-tech tersedia dan juga akan menggunakan sistem kerja WFA. Ajaib adalah platform yang memudahkan pengguna untuk berinvestasi di reksadana maupun saham.

19. EnergiHub

EnergiHub sedang mengembangkan sebuah marketplace untuk membantu rumah tangga mendapatkan kuota dan memilih produk energi surya terbaik dari berbagai pemasok. Perusahaan EnergiHub telah menerapkan WFA di berbagai divisi. 

20. KKBC

KKBC adalah marketing agency, dengan misi untuk memaksimalkan nilai merek multinasional di Jepang. Dalam lowongan pekerjaan yang tercantum mereka menerapkan sistem kerja location-free atau bisa dibilang sang pekerja dapat menentukan sendiri lokasi kerjanya. 

21. Kata.ai 

Kata.ai dikenal sebagai perusahaan kecerdasan buatan percakapan Indonesia dengan fokus pada penciptaan teknologi untuk meningkatkan pemahaman percakapan manusia, meningkatkan cara manusia berkolaborasi dengan mesin. Perusahaan ini menerapkan sistem kerja WFA bagi posisi product designer dan akan terus berusaha mengikuti tren fleksibilitas kerja sebagai salah satu value untuk dipertahankan. 

22. Appen

Appen menyediakan atau meningkatkan data yang digunakan untuk pengembangan produk pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan. Tersedia lowongan part-time dengan sistem kerja WFA seperti mengumpulkan data hingga project-based. 

23. TELUS International

Telus International adalah perusahaan teknologi Kanada yang menyediakan layanan TI dan layanan pelanggan multibahasa untuk klien global. Hampir setiap lowongan bagi job seekers di Indonesia menerapkan WFA. 

24. TheSoul Publishing

Salah satu perusahaan media online paling produktif dan populer di dunia. TheSoul Publishing menjangkau lebih dari satu miliar pengikut sosial di Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Pinterest, dan Snap. Tersedia berbagai posisi seperti writer, engineer, creator, hingga software engineer dengan sistem WFA. 

25. Schoters

Schoters merupakan platform bimbingan kuliah di luar negeri terlengkap di Indonesia. Perusahaan ini memberikan end-to-end solution untuk siapapun yang memiliki keinginan untuk study abroad. Schoters menerapkan sistem kerja WFH 100% bagi hampir semua lowongan di posisi tech maupun non-tech. Terlebih, sistem WFH 100% ini juga terbuka bagi Anda yang ingin mendaftar internship.

tantangan bekerja fleksibel
Perusahaan umumnya membuka peluang bagi divisi tech mereka yang tidak perlu ke kantor.

Tantangan bekerja Work From Anywhere 

Bekerja secara mandiri memang terlihat mudah karena anda memiliki opsi waktu kerja dan tempat kerja yang relatif luas. Pastikan anda selalu mengecek kualitas internet di tempat kerja anda. Sehingga tidak ada meeting penting yang terganggu atau tersendat. Begitu juga dengan efektivitas kerja yang harus selalu anda terapkan agar dapat memenuhi deadline. Jika anda merasa siap dengan beberapa tantangan WFA tersebut, silahkan cek lebih lanjut daftar perusahaan-perusahaan di atas untuk mendapatkan fleksibilitas kerja dari mana saja.

Share the love
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong, Singapore and Indonesia.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.