Employee Engagement: Penentu Kualitas Remote Working

March 25, 2022
employee engagement via online meeting

Table of Contents

Employee engagement menentukan keputusan kerja  seorang karyawan tiap harinya yang akan mempengaruhi kualitas perusahaan. Cara perusahaan memperlakukan pekerjanya sangat mempengaruhi aktivitas kerja mereka. Antusiasme pekerja dapat membawa manfaat positif bagi perusahaan Anda jika terapresiasi dengan baik. Kualitas kerja yang baik akan tercipta seiring dengan komitmen pekerja yang terwujud dari performa kerjanya. 

Apa itu employee engagement?

Sebuah artikel dari Forbes menyatakan bahwa keterlibatan atau keikutsertaan pekerja merupakan ikatan emosional dan intelektual karyawan terhadap perusahaannya. Mereka adalah karyawan yang sesungguhnya peduli terhadap apa visi dan misi dari perusahaan. Mereka tidak hanya memenuhi tugas dan pulang hanya untuk menunggu gaji bulanan mereka. 

Tanda bahwa seorang pekerja peduli dengan kemajuan perusahaan, mereka cenderung melakukan pekerjaan lebih. Mereka bersedia untuk melakukan inisiatif-inisiatif baru yang baik untuk perusahaan tanpa harus menerima perintah terlebih dahulu.Inisiatif untuk lembur atau bekerja disaat weekend akan mereka lakukan tanpa perintah dan dengan senang hati jika diperlukan. 

employee engagement dapat diketahui melalui feedback pekerja
Mendengarkan feedback dari pekerja akan membuat mereka merasa lebih didengarkan

Pentingnya keterlibatan pekerja selama remote working

Keterlibatan seorang pekerja menjadi kunci agar sistem kerja remote dapat berjalan dengan lancar. Fleksibilitas kerja memberikan keleluasaan gerak bagi pekerjanya. Namun perlu dicatat bahwa komunikasi harus dijaga dengan baik. Inisiatif dan komunikasi yang baik dari pekerja berkontribusi dalam menjaga nama baik dan kualitas perusahaan. Ada banyak celah selama remote working yang dapat menghalangi usaha lebih pekerja Anda sehingga keterlibatannya menurun. Salah satunya adalah kurang efektifnya komunikasi tim secara remote. 

Keterlibatan aktif pekerja dalam bentuk komunikasi yang lancar, ketepatan memenuhi deadline, hingga mewujudkan efektivitas kerja perlu diapresiasi. Dengan mengapresiasi usaha lebih pekerja, hubungan mutualisme akan terjalin dengan baik. Sebuah perusahaan akan lebih mudah berkembang apabila hubungan timbal balik dengan pekerjanya terjadi secara harmonis. 

selama remote working employee engagement sangatlah penting
Keterlibatan pekerja secara emosional memotivasi mereka untuk bekerja secara remote dengan lebih baik

7 cara untuk mengapresiasi usaha lebih pekerja untuk perusahaan selama remote working

  1. Menciptakan komunikasi yang efektif dan penuh empati
  2. Memberikan instruksi kerja dengan detail
  3. Mengapresiasi pekerjaan baik secara verbal maupun bonus
  4. Mendengarkan apa yang menjadi hambatan pekerja
  5. Terbuka pada masukan pekerja terhadap perusahaan
  6. Peluang jenjang karir 
  7. Memberikan ruang untuk berkembang bagi pekerja
Jarak terkadang membuat sebuah hubungan terasa jauh, komunikasi yang baik membuat jarak menjadi lebih dekat

Benefit employee engagement bagi perusahaan dan pekerja

1. Loyalitas pekerja

Keikutsertaan aktif pekerja membuat perusahaan tidak mudah kehilangan pekerja. Seorang pekerja yang diapresiasi usahanya akan cenderung setia terhadap perusahaan. Hal ini membuat perusahaan terisi oleh orang loyal, sehingga lebih mudah mewujudkan tujuannya. Terlebih, loyalitas pekerja relatif menular kepada rekan kerjanya, sehingga perusahaan Anda tidak direpotkan oleh rekrutmen panjang akibat banyak pekerja resign.

2. Meningkatkan produktivitas pekerja

Dalam bekerja seseorang membutuhkan lingkungan kerja yang suportif. Untuk mewujudkan hal tersebut hubungan yang baik antara perusahaan dan pekerja haruslah dijaga. Keterlibatan pekerja dan kepeduliannya pada perusahaan menjadi motivasi seseorang untuk bekerja dengan lebih baik. Produktivitas harian seseorang umumnya bergantung pada efektivitas kerja. Semakin teratur sebuah aktivitas kerja, membuat anda mampu bekerja secara mudah dan nyaman. 

Lingkungan kerja juga berperan dalam menentukan performa kerja anda. Jika anda ingin mencari tempat minim distraksi untuk bekerja seharian, kunjungi Deskimo. Temukan berbagai pilihan coworking space terdekat anda dan check-in melalui aplikasinya. Tersedia hotdesk dan meeting room yang dapat anda sewa sesuai durasi penggunaan saja. 

3. Tidak mudah burnout

Salah satu pemicu burnout adalah stres berkepanjangan akan sebuah beban kerja. Jika seseorang memiliki rasa kepedulian yang baik pada perusahaan, ia akan cenderung berusaha menyelesaikan masalah pemicu burnout agar dapat bekerja dengan lebih efektif kembali. 

4. Performa tim yang lebih baik

Kerja sama tim akan tercipta lebih baik apabila setiap pekerjanya berbagi perasaan positif tentang pekerjaan dan perusahaannya. Performa yang baik dapat terjadi dalam wujud saling menepati deadline dan saling membantu satu sama lain. 

5.Tingkat stress kerja yang lebih rendah

Seorang yang senang atau menyukai pekerjaannya akan jarang mengalami stres kerja. Setiap kontribusi yang dia berikan membuat dia merasa lebih termotivasi daripada terbebani. Sehingga apabila pekerja memiliki kepedulian yang lebih pada perusahaan, hal tersebut dapat menekan tingkat stres yang mungkin terjadi. 

6. Meningkatkan kualitas kerja

Remote worker sangatlah mandiri dalam mengatur setiap jadwal dan pekerjaannya. Kepedulian pekerja membuatnya mengetahui apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan solusi seperti apa yang cocok dengan hambatan kerja yang dialami. 

7. Mendorong inisiatif 

Banyak aspek dalam pekerjaan membutuhkan inisiatif pekerjanya. Dalam sesi diskusi atau online meeting membahas sebuah rencana, perusahaan yang memiliki hubungan baik dan hangat dengan pekerja akan mendapatkan ide kreatif dari inisiatif pekerja. Pekerja merasa berada di perahu yang sama dengan perusahaan dan hal tersebut yang memotivasi para pekerja untuk secara kolektif mencari solusi.

pekerja dengan tingkat employee engagement tinggi akan lebih produktif
Pekerja yang cinta terhadap pekerjaan dan perusahaannya akan lebih semangat dalam bekerja

Tantangan dalam mengukur employee engagement selama remote working

Dalam mengapresiasi keterlibatan pekerja tentu membutuhkan sebuah ukuran. Saat WFO cara mengukur kepedulian dan keterlibatan pekerja adalah dengan melihat secara langsung di kantor. Mengukur keterlibatan pekerja saat remote working cukup menantang karena tidak menilai secara langsung. Untuk mengukur keterlibatan pekerja Anda ketika remote working, lakukan survey atau wawancara online pada pekerja terkait keterlibatannya melalui aplikasi penunjang seperti Zoom untuk wawancara. Dan bisa menggunakan aplikasi seperti Typeform atau Google Form untuk melakukan survei.

Sebuah survei yang diadakan haruslah bersifat rahasia dan personal. Kerahasiaan yang terjamin dapat memberikan Anda hasil atau pendapat pekerja Anda terkait keterlibatan aktif di perusahaan secara lebih akurat. Cara ini dapat Anda jadikan salah satu acuan dalam mengetahui dan mengapresiasi keterlibatan lebih pekerja Anda.

Berbincang langsung dengan pekerja mengenai perasaannya terhadap perusahaan
Cara paling mudah untuk mengetahui perasaan pekerja terhadap pekerjaan dan perusahaannya adalah bertanya langsung

Workplace management system untuk meningkatkan employee engagement

Dalam menciptakan sistem untuk mengelola tempat kerja adalah sebuah keharusan. Workplace management system berguna untuk membuat pengaturan antara pekerja anda dan tempat kerja lebih efektif. Bagi pekerja remote, mereka dapat datang pada weekly meeting atau monthly meeting yang telah diatur sebelumnya melalui sistem. Sehingga pekerja dapat mengatur waktunya untuk bertemu dengan tim secara tatap muka. Maksimalkan hybrid working anda melalui Deskimo smart workspace booking app, sekarang juga! 

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.