Classical Conditioning: Membiasakan Kerja di Coworking Space

June 18, 2022
classical conditioning

Table of Contents

Umumnya setiap tempat yang sering kita kunjungi memicu sebuah stimulus tertentu yang merupakan efek dari classical conditioning. Sebagai contoh, tiap kali kita masuk kedalam kamar dengan pakaian tidur, kita akan merasa ngantuk dan cenderung tertidur. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan kita selama ini untuk mengkondisikan diri bahwa kamar untuk tidur. Classical conditioning merupakan proses belajar yang terjadi tanpa disadari. Pembelajaran melalui teori pengkondisian ini ditandai dengan adanya respon yang otomatis terhadap stimulus tertentu. Hal ini membentuk kebiasaan. 

Classical conditioning dan hubungannya dengan tempat kerja

Pengkondisian adalah bentuk pembiasaan di mana stimulus yang diberikan menjadi semakin efektif dalam membangkitkan respons. Dalam konteks ini, stimulus yang dimaksud berupa sebuah tempat kerja yang akan membantu Anda untuk bekerja secara lebih efektif. Pembiasaan ini umumnya akan membutuhkan waktu untuk fase adaptasi Anda. Namun apabila tempat tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda, akan lebih mudah untuk mempertahankannya. 

Melalui artikel ini Anda diajak untuk membiasakan diri bekerja pada tempat kerja yang memang didesain untuk bekerja di masa kini, yaitu flexible workspace. Tujuannya adalah agar fokus kerja dan efektivitas kerja Anda dapat terjaga dengan baik. 

classical conditioning pada tempat kerja
Tempat kerja yang sesuai menyimpan banyak manfaat bagi pekerja yang mungkin sering kali di abaikan.
Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Pentingnya classical conditioning tempat kerja bagi pekerja

Seiring dengan pendekatan gaya bekerja dari mana saja yang semakin populer, pemilihan tempat kerja menjadi penting untuk dilakukan. Bekerja dari kasur mungkin dirasa praktis, tetapi perlu ditelaah lagi fungsinya.  Conditioning pada tempat kerja seperti coworking space dan tidak dikamar akan membantu Anda memisahkan stimulus untuk bekerja dan tidur. Sehingga pada saat Anda harus bekerja Anda dapat fokus dan melatih resiliensi terhadap tugas Anda, dan ketika akan tidur Anda akan minim merasa susah tidur. 

pentingnya classical conditioning pada tempat kerja
Membiasakan diri bekerja pada tempat yang sesuai membutuhkan usaha dan konsistensi.
Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Manfaat classical conditioning tempat kerja bagi produktivitas

1. Terhindar dari insomnia

Salah satu pemicu utama insomnia adalah stres berlebih. Sedangkan, alasan stres kerja umumnya disebabkan oleh beban kerja berlebih atau overwork. Sangat tidak disarankan apabila Anda masih memikirkan pekerjaan atau bahkan bekerja di kamar. Hal tersebut akan membuat Anda terbiasa untuk memikirkan pekerjaan meskipun akan hendak tidur. Sehingga Anda akan sulit membedakan waktu untuk memikirkan pekerjaan dan kapan untuk tidur.

Seperti yang kita ketahui, bahwa istirahat kerja sangatlah penting untuk mengisi tenaga untuk bekerja keesokan harinya. Dengan Anda mengalami insomnia akibat kerja berlebih, hal tersebut sangat kontraproduktif dengan apa yang menjadi tujuan kerja Anda. Terlebih, istirahat yang kurang menyebabkan jam biologis tubuh Anda menjadi tidak stabil jika tidak segera diperhatikan. Sehingga dengan memisahkan tempat kerja dan tempat tidur akan berkontribusi dalam istirahat dan juga fokus kerja Anda dalam jangka panjang. 

2. Fokus terjaga saat bekerja

Ketika Anda sudah mulai memisahkan tempat kerja dan tempat istirahat, hal pertama yang akan Anda dapatkan adalah fokus kerja. Dengan berada pada sebuah tempat yang memang ditujukan untuk bekerja seperti coworking space, Anda akan dipicu untuk menyelesaikan sebuah task. Tidak ada pemandangan akan sebuah kasur yang dapat mendistraksi pikiran Anda. Mengingat sekeliling Anda sangat menentukan fokus kerja Anda, itulah mengapa pentingnya menciptakan habit untuk bekerja pada tempatnya. 

3. Unplug after work menjadi mudah dilakukan

Ini adalah salah satu hal yang umumnya sulit dilakukan apabila Anda menggabungkan tempat istirahat dan tempat kerja. Sangat sulit bagi anda untuk melepas sebuah pikiran akan pekerjaan jika di kamar Anda terpampang jelas sebuah layar laptop, berkas-berkas, hingga catatan akan sebuah weekly goals. Sehingga saat ingin berkumpul dengan keluarga dirumah, Anda akan mudah teringat dengan pekerjaan Anda yang mungkin belum selesai. Hal tersebut membuat Anda memikirkan pekerjaan lebih dari yang seharusnya. Akibatnya adalah Anda akan mudah merasa burnout hingga stres akibat terbayang-bayang pekerjaan di tempat yang seharusnya anda beristirahat atau melepas penat.

Dengan kebiasaan bekerja pada tempatnya, Anda akan lebih mudah untuk unplug dari setiap pekerjaan setelah jam kerja berakhir. Akan lebih banyak pula tenaga yang dapat Anda recharge untuk keesokan hari berhadapan dengan pekerjaan. 

4. Work-life balance yang lebih baik

Seringkali hubungan dengan keluarga dan aspek lain dalam kehidupan pribadi Anda terganggu dengan kebiasaan overwork dan overthinking Anda terhadap pekerjaan. Dengan Anda membiasakan diri bekerja pada tempatnya, Anda akan memiliki banyak space untuk memikirkan hal lain ketika pulang kerja. Baik quality time dengan keluarga hingga melakukan hobi yang anda miliki. Hal ini berdampak positif bagi kemajuan kerja Anda kedepannya. Anda menjadi sosok yang lebih teratur dan juga sejahtera dengan menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

manfaat bekerja di tempat kerja yang sesuai
Dengan terbiasa bekerja pada tempat yang tepat, distraksi berkurang dan produktivitas bertambah.
Foto oleh fauxels dari Pexels

Flexible workspace menjadi solusi untuk memulai conditioning tempat kerja

Sebelum mulai untuk membiasakan diri untuk dapat bekerja secara maksimal, Anda membutuhkan sebuah tempat yang tepat untuk bekerja. Tempat yang tepat untuk bekerja yang dapat Anda sewa adalah flexible workspace. Sejak awal, flexible workspace memang didesain untuk menunjang produktivitas kerja. Dengan berbagai fasilitas dan suasana, Anda dapat mulai untuk mencari ruang kerja terdekat anda. Hal ini membantu Anda untuk lebih mudah membiasakan diri untuk setiap kali ingin bekerja, Anda dapat menuju flexible workspace tersebut. Sebab, lokasinya yang dekat dengan rumah, membuat Anda tidak harus membuang banyak waktu dijalan. 

Terlebih, beberapa flexible workspace berada di kawasan bisnis dan juga dekat dengan pusat hiburan. Apabila Anda ingin berbelanja atau setidaknya refreshing, bekerja melalui flexible workspace merupakan sebuah tawaran yang sangat bagus. Meeting dengan rekan kerja, hingga klien, sangat mungkin untuk Anda lakukan pada on-demand meeting room disana, dengan harga terjangkau. 

flexible workspace adalah solusi tempat kerja
Flexible workspace merupakan salah satu solusi terbaik dalam menemukan tempat kerja nyaman.
Foto oleh Proxyclick Visitor Management System dari Pexels

Manfaat langsung apabila Anda membiasakan bekerja pada tempat yang tepat

Bekerja di kamar seringkali membuat seseorang menjadi mudah lelah dan memicu stimulus untuk istirahat. Sedangkan hot desk atau meja kerja didesain untuk memicu Anda untuk memikirkan sebuah pekerjaan. Manfaat langsungnya adalah Anda menjadi lebih mudah mengarahkan fokus untuk bekerja. Begitu pula ketika ingin beristirahat atau tidur di kamar, Anda akan lebih mudah untuk tidur, karena pemicu untuk memikirkan pekerjaan tidak ada disana. 

manfaat bekerja di flexible workspace
Banyak waktu dan tenaga tersimpan apabila setiap tempat memiliki tujuannya tersendiri.
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Menemukan flexible workspace terdekat Anda hanya dalam genggaman tangan

Untuk membantu Anda menemukan lokasi kerja yang nyaman namun tetap profesional adalah melalui Deskimo. Tersedia berbagai pilihan untuk akses hot desk  hingga booking meeting room dengan mudah. Hanya perlu datang, scan, dan bayar sesuai durasi penggunaan saja, Anda sudah siap untuk memulai kebiasaan anda bekerja di flexible workspace. 

coworking space terdekat
Gunakan Deskimo untuk menemukan coworking space hingga meeting room terdekat.

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.