Konsep Work From Anywhere: Model Kerja Ramai Peminat

May 29, 2022
work from anywhere

Table of Contents

Melihat meningkatnya tren flexible working, mendorong perusahaan menilai efektivitas dan efisiensi sistem work from anywhere (WFA). Sistem ini sudah diterapkandi banyak sektor perusahaan. Bagi anda yang berminat dengan konsep work from anywhere, berikut informasi lebih jelasnya.

Konsep work from anywhere itu apa?

Sederhananya, anda bekerja tidak harus ke kantor melainkan dapat bekerja dari mana saja. selama terkoneksi dengan internet yang stabil. Menurut huller.io, WFA adalah sistem kerja bagi karyawan bekerja fleksibel dimana saja selama tetap produktif seharian dan terkoneksi dengan perusahaan. Sistem kerja ini mengandalkan kemandirian dan inisiatif pekerja untuk menepati target kerja serta menerapkan efektivitas kerja. Dengan bantuan teknologi seperti aplikasi penunjang remote working, WFA sangatlah mungkin untuk dilakukan dan efektivitas kerja seseorang tetap dapat terjaga dan termonitor. 

Pernah mendengar istilah digital nomad? Nah, mereka adalah contoh pekerja WFA yang berpindah-pindah tempat untuk bekerja sekaligus travelling. Terdapat banyak komunitas untuk saling mendukung  digital nomad lainnya menemukan tempat kerja nyaman atau sekedar mengusir rasa kesepian. 

konsep work from anywhere
Bekerja secara remote penuh dan secara bebas menentukan tempat untuk bekerja.
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Manfaat konsep work from anywhere bagi perusahaan maupun pekerja

1. Produktivitas meningkat

WFA memberikan kebebasan karyawan dalam bekerja dari mana saja. Kini sudah banyak pilihan hotdesk yang tersedia di coworking space dan serviced office di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya. Fokus kerja seorang pekerja relatif meningkat ketika bekerja di lingkungan yang produktif. Anda dapat menemukan flexible workspace dan memesan meeting room terdekat anda melalui Deskimo untuk pengalaman WFA yang lebih nyaman.

2. Fleksibilitas tinggi

Banyak pekerja sedang berusaha untuk mewujudkan work-life balance ketika bekerja. Dengan memberikan sistem kerja fleksibel, pekerja akan lebih termotivasi dalam bekerja dan work-life balance terjaga. Sistem kerja WFA membuat seseorang dapat memberikan ruang gerak pekerja secara lebih luas serta mencari suasana tempat kerja yang lebih refreshing.

3. Peluang rekrutmen yang lebih luas

Calon kandidat yang akan anda rekrut tidak harus ada di kota bahkan negara yang sama dengan lokasi kantor. Artinya, banyak kandidat dari berbagai tempat yang juga berkesempatan untuk melamar kerja. Tentu hal ini memungkinkan tim rekrutmen memiliki peluang lebih besar mendapatkan kandidat terbaik. Terlebih, banyak pekerja yang lebih tertarik apabila sebuah perusahaan menyediakan opsi bekerja dari mana saja.

manfaat konsep work from anywhere
Jarak bukan lagi sebuah penghalang untuk bekerja.
Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

Tips dalam memilih pekerjaan dengan konsep work from anywhere 

1. Ketahui skill set yang dibutuhkan

Baik itu soft skill maupun hard skill, pastilah sangat dibutuhkan di dunia kerja, meskipun kerja tersebut dapat dilakukan dimanapun. Hard skill berbicara mengenai kemampuan spesifik untuk sebuah pekerjaan. Sebagai contoh jika Anda mendaftar sebagai senior programmer maka Anda harus memiliki skill software engineering

Di sisi lain, soft skill merupakan kemampuan non teknis yang berkaitan dengan kepribadian. Beberapa soft skill yang harus dimiliki pekerja adalah kemampuan untuk berkomunikasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Kebiasaan dalam menerapkan efektivitas kerja juga berperan membantu Anda untuk menilai kesiapan Anda bekerja tanpa terbatas lokasi.  

2. Perhatikan level expertise

Sebelum Anda mencoba untuk terjun ke dunia kerja, akan lebih baik jika Anda dapat menilai tingkat kemampuan Anda dalam melakukan suatu hal. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk mendaftar pekerjaan sebagai Graphic Designer, tentu saja Anda harus punya skill dasar untuk menjalankan program Adobe Photoshop.

Nah dari kemampuan menjalankan Adobe Photoshop tersebut, Anda bisa melihat sejauh mana Anda paham dalam menjalankan program tersebut. Tingkatan skill dapat dibagi menjadi lima (5), yaitu novice, advanced beginner, competent, proficient, dan expert.

3. Pahami hak dan kewajiban selama bekerja remote

Bekerja dari mana saja memberikan Anda keleluasaan dalam mengatur waktu dan tempat bekerja. Namun Anda harus memastikan bahwa komunikasi dan target kerja diperhatikan dengan baik.

Pertama, pastikan Anda sudah memperlengkapi diri Anda dengan berbagai teknologi penunjang kerja remote. Hal ini dapat membantu Anda untuk bekerja secara optimal. Kedua, pastikan Anda menetapkan jadwal kerja dan mematuhinya. Disiplin kerja diperlukan untuk memudahkan Anda terbiasa dengan perbedaan waktu bekerja dan waktu bersantai. 

Yang tidak kalah pentingnya, tempat Anda bekerja juga memainkan peran yang krusial. Lingkungan kerja yang kondusif akan mendukung Anda untuk bekerja secara efektif. Temukan tempat kerja terdekat dengan Deskimo. Akses tempat kerja nyaman di berbagai lokasi dan bayar sesuai dengan pemakaian saja. 

4. Pastikan konsep work from anywhere sudah sesuai dengan ekspektasi

Banyak hal yang harus dipastikan saat Anda memutuskan untuk WFA. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saluran komunikasi harus lancar. Ketahui dan pelajari platform komunikasi yang digunakan. Kini ada berbagai macam platform yang dapat digunakan, seperti Zoom, Teams, dan Slack. Pastikan kelancaran komunikasi ketika bekerja dari mana saja dengan menggunakan koneksi internet yang lancar. 

Setiap perusahaan memiliki budaya yang berbeda di tempat kerja. Perhatikan budaya bekerja yang diterapkan oleh perusahaan. Ada baiknya mengikuti jam kerja mayoritas dari tim yang berkaitan dengan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk membangun semangat kerja bersama dan memudahkan diskusi dalam tim. Ekspektasi yang sudah sejalan membuat Anda lebih nyaman ketika sudah mulai bekerja nantinya.

tips untuk konsep work from anywhere
WFA memanglah nyaman, perhatikan beberapa tips ini agar lebih lancar selama bekerja.
Foto oleh Julia M Cameron dari Pexels

Flexible workspace menjadi rekomendasi tempat kerja untuk konsep work from anywhere

Flexible workspace menyediakan suasana kerja yang berbeda dari ruang kerja konvensional. Disini, banyak pekerja lepas yang sering bekerja sendiri atau bersama teman-temannya. Dengan suasana yang mendukung, tempat kerja ini menjadi alternatif yang baik untuk bekerja dari mana saja. Ruang kerja bersama yang nyaman dan minim distraksi, mendukung fokus kerja lebih terjaga. 

Tersedianya meeting room juga memungkinkan anda untuk melakukan meeting reguler dengan tim kapanpun dibutuhkan. Fasilitas kerja yang tersedia juga tidak perlu diragukan lagi untuk menunjang kerja anda. Printing machine, free flow mineral water, hingga in-house cafe akan membuat anda nyaman seharian bekerja. 

flexible workspace menjadi rekomendasi tempat kerja WFA
Coworking space dinilai kondusif dan nyaman untuk work from anywhere.
Foto oleh Kindel Media dari Pexels

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.