Small Wins: Rayakan Setiap Kemenangan Kecil Dalam Bekerja

June 15, 2022
small wins

Table of Contents

Melakukan sebuah proses pada pekerjaan yang benar merupakan salah satu dorongan bagi pekerja untuk tetap kreatif, oleh karena itu merayakan small wins sangat penting. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa pencapaian dan keberhasilan bagi seorang pekerja yang telah melakukan kemajuan kerja. Semakin sering pekerja merasa telah berhasil melakukan sebuah pekerjaan meskipun kecil, akan lebih memberikan makna, motivasi, dan dorongan emosional bagi mereka. 

Apa itu small wins dalam bekerja?

Small wins adalah sebuah progress kecil dalam seseorang mencapai sebuah tujuan besar. Merayakan small wins bertujuan untuk menghargai setiap kemajuan yang telah kita lakukan tiap harinya. Sehingga dalam melakukan tugasnya pekerja tidak mudah stres kerja atau burnout. Terlebih, memecah sebuah tugas besar menjadi milestone yang lebih kecil akan membantu efektivitas kerja dan fokus kerja seseorang. Kemajuan yang bertahap ini yang akan membawa seseorang menjadi lebih cepat mendekati keberhasilan atau tujuan kerjanya. 

small wins dalam kerja
Dalam keseharian, banyak kemenangan kecil yang seringkali terabaikan.
Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Pentingnya merayakan kemenangan kecil bagi pekerja 

Menurut analisa yang ditulis dalam Harvard Business Review, small wins dapat berpengaruh pada performa kerja dan perasaan pekerja terhadap sebuah tugas. Perbedaan tersebut dapat berupa keamanan emosional ketika menghadapi masalah, hingga motivasi untuk go the extra miles bagi perusahaan. 

Dalam prakteknya, ketika bekerja seorang pekerja akan merasa termotivasi pada pagi hari dan sisanya bergantung pada keberhasilannya pada sebuah tugas. Apabila rasa bangga akan sebuah kemajuan kecil tidak didapatkannya, seorang pekerja akan merasa buruk akan harinya. Tentu hal itu akan berpengaruh pada performanya esok hari, yang dimana ia merasa lebih lelah dan demotivated dalam bekerja. 

pentingnya small wins
Motivasi datang dari perasaan hati yang senang dan puas akan sebuah hal.
Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Small wins tetaplah kemajuan dan mengabaikannya adalah kemunduran

Tidak semua orang merasa bahwa small wins itu penting dan layak dirayakan. Namun, jangan melupakan fakta bahwa apabila sebuah hari tanpa kemenangan berpotensi menciptakan kemunduran. Merayakan small wins tidak harus secara berlebihan, namun lebih mengarah pada rasa syukur akan kemajuan yang dilakukan. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih menghargai diri sendiri dan memberi kesempatan untuk hari esok yang lebih baik. 

manfaat merayakan kemenangan kecil
Hilangnya motivasi hanya akan memperburuk performa pekerja.
Foto oleh fauxels dari Pexels

Beberapa bentuk small wins dalam bekerja yang jarang diperhatikan

1. Memastikan diri berada pada lingkungan yang kondusif untuk bekerja 

Berada pada sebuah lingkungan kerja yang sehat, baik, dan rapi merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi Anda. Terlebih, hal tersebut perlu mengeluarkan tenaga, waktu, dan juga biaya. Sehingga apabila Anda telah melakukan sebuah usaha untuk berada pada sebuah tempat yang dapat memicu Anda bekerja dengan produktif, berbahagialah. Sebab, tidak semua orang mungkin mengetahui betapa pentingnya berada di tempat kerja yang dikhususkan untuk bekerja. 

Coworking space merupakan solusi terbaik jika Anda ingin mencari lingkungan kerja agar lebih produktif. Untuk menemukan coworking space hingga meeting room terdekat, gunakan Deskimo. Tersedia berbagai hot desk dan meeting room yang dapat Anda jadikan tempat Andalan untuk bekerja dengan biaya terjangkau. Tersedia berbagai kemudahan melalui Deskimo, anda hanya perlu datang, scan, dan bayar sesuai durasi penggunaan saja.

2. Membantu rekan kerja mengatasi permasalahan

Dalam rangka menemukan sebuah kemenangan kecil yang patut dirayakan, membantu rekan kerja adalah salah satunya. Membantu rekan kerja membutuhkan usaha dan juga kerelaan diri. Hal itu juga berarti mereka menghargai pendapat serta bantuan Anda. Bahwa Anda memiliki sebuah dampak positif dalam kinerja mereka dan itu merupakan hal besar. Sehingga sangat disarankan untuk berbahagia atas apa yang telah Anda lakukan. Sebab, hari tersebut Anda telah berhasil melakukan sebuah kebaikan dalam pekerjaan Anda dengan membantu rekan kerja Anda.

3. Istirahat yang cukup dan proporsional

Terkadang hiburan dan aktivitas lain dapat menjauhkan Anda dari istirahat. Bagi beberapa orang melakukan istirahat bukanlah hal yang terpenting dan akibatnya kelelahan esok hari pada saat hendak bekerja. Agar dapat beristirahat terkadang dibutuhkan kerelaan dan inisiatif untuk menunda kegiatan lain yang akan mengganggu istirahat tersebut. Tentu hal tersebut tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra. Apabila Anda telah melakukannya, hal ini layak untuk mendapat apresiasi, mengingat Anda telah menahan diri untuk memastikan dapat istirahat cukup yang berguna bagi pekerjaan esok hari. 

4. Mengerjakan daily goals secara efektif dan fokus

Daily goals adalah sebuah cara untuk Anda memonitor progress dalam bentuk kecil. Dalam prakteknya memenuhi daily goals, Anda membutuhkan fokus kerja yang penuh dan self-discipline. Tentu hal tersebut tidak setiap saat dapat Anda lakukan dengan mudah dan tanpa distraksi. Sehingga apabila pada sebuah hari daily goals terpenuhi, Anda patut bersyukur dan mentraktir diri Anda sebuah hidangan makanan kesukaan Anda. Meski tidak seberapa, sebuah perayaan kecil seperti makan makanan yang Anda suka akan memicu motivasi Anda keesokan harinya. Dalam jangka panjang, Anda akan merasakan manfaat dari perayaan sederhana ini. Resiliensi diri semakin bertumbuh serta terhindar dari perasaan negatif yang dapat memicu stres atau burnout kerja. 

5. Mendapat pujian dari atasan atau rekan kerja

Tidak semua pujian berbentuk pengumuman atau bahkan diucapkan secara langsung. Namun bukan berarti pujian tersebut tidak pernah Anda dengar atau dapatkan. Dalam dunia kerja kita bertemu dengan berbagai jenis kepribadian orang dan mereka semua memiliki cara masing-masing dalam memberikan pujian. Pujian tersebut dapat berbentuk ucapan langsung, chat, atau sekedar mengajak Anda makan siang karena telah membantu mereka. Selama rekan kerja atau atasan Anda memberikan sebuah treatment yang baik atas sebuah usaha yang Anda lakukan, berbanggalah. Artinya, Anda merupakan sebuah sosok yang dapat diandalkan dan cerdas dimata mereka. 

6. Mengatasi permasalahan kerja yang sulit

Dalam bekerja tentu kita tidak dapat memprediksi sebuah hambatan yang datang. Belum lagi ditambah beban pikiran akan sebuah permasalahan lain yang juga belum terselesaikan. Ada kemungkinan bahwa Anda dapat melewatinya dan mengatasi masalah tersebut. Tentu dengan mengerahkan segala tenaga dan kemampuan Anda agar solusi dapat ditemukan. Sebuah apresiasi terhadap diri sendiri akan sangat membantu Anda mengembalikan tenaga dan mood yang telah digunakan. Hal ini membantu Anda untuk menghargai usaha Anda dalam kerja sekecil apapun itu, agar tidak mudah stres dan membuat keputusan yang kurang tepat akibat merasa kurang apresiasi diri. 

bentuk small wins
Bentuk kemenangan sebagai pekerja tidak hanya terdeteksi dari pemenuhan KPI saja.
Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Merayakan small wins membantu untuk memonitor kemajuan kerja

Dalam bekerja seseorang sering kali tidak menghitung sejauh apa perkembanganya secara akurat. Kecenderungan yang terjadi adalah kebiasaan menghitung sebuah kesuksesan besar saja. Kita perlu menyadari bahwa kemenangan-kemenangan kecil inilah yang mempersiapkan kita menyambut kesuksesan yang besar. 

Istirahat merupakan contoh terbaik dalam penerapan small wins. Istirahat terdengar sangat biasa, namun memegang peranan sangat penting dalam menjaga keseimbangan hidup dan kesehatan kita. Ketika meremehkan pentingnya istirahat dan kemudian menekan diri kita untuk terus bekerja, maka burnout dan stres menjadi tidak terkendali.  Dampaknya pun bisa berkepanjangan ke masalah kesehatan, penurunan produktivitas, dan kehilangan fokus saat bekerja.

Semakin Anda dapat memonitor pertumbuhan kerja Anda meski dalam ukuran kecil, hal tersebut membantu Anda meninjau kembali performa kerja. Apabila Anda butuh untuk beristirahat, ambil cuti bila diperlukan.  Cuti merupakan hak pekerja sekaligus reward atas jerih payah yang dilakukan dan bisa dijadikan momen untuk mengapresiasi diri.

memonitor kemajuan kerja
Menghargai dan mengawasi perkembangan Anda dengan merayakan setiap progress kecil.
Foto oleh fauxels dari Pexels

Cara pandang terhadap small wins yang tidak semua orang ketahui

Menurut Trickle, ada 2 perspektif dalam memandang sebuah wins atau kemenangan, big picture thinkers dan little pixel thinkers. Big picture thinkers berorientasi pada tugas-tugas yang besar dan merayakannya ketika telah memenuhinya. Sedangkan little pixel thinkers, berorientasi pada progress kecil dan merayakannya karena hal itu layak dirayakan. Dalam upaya mengembangkan budaya kerja yang sehat, perusahaan bisa memulai inisiatif untuk merayakan kemenangan baik yang kecil maupun yang besar. 

Dengan ikut merayakan sebuah kemajuan pekerja, Anda sudah semakin dekat dengan tujuan Anda dalam membentuk budaya kerja yang sehat. Pekerja pada dasarnya akan merasa senang dan dihargai apabila atasan atau rekan kerjanya ikut merayakan sebuah kemajuan kecilnya. Hanya saja dalam prakteknya seseorang disibukan oleh suasana yang kompetitif dan individualistis. Namun, sangat mungkin apabila Anda sebagai pemilik bisnis dapat mulai menerapkannya melalui program penghargaan karyawan atau pujian langsung saat bertemu di kantor. Sehingga, suasana kantor menjadi lebih menyenangkan dan hubungan antar pekerja dan atasan menjadi lebih hangat. 

perspektif tentang small wins
Memahami cara tiap pekerja merayakan kemenangannya akan membuat mereka merasa lebih dihargai.
Foto oleh RF._.studio dari Pexels

Share the love
Share on linkedin
Share on facebook
Share on twitter
Reading is to the mind what exercise is to the body. Therefore, read on.
—Richard Steele + Deskimo

Meet Deskimo

The app for finding curated workspaces in Hong Kong and Singapore.

Find a workspace wherever you are

Deskimo’s independent network of office locations are diverse and distributed. Find the right office for you within walking distance.

No need to reserve ahead of time

Deskimo workspaces are as ready as you are. Find a workspace when you need it, with instant check-in.

Never pay

for unused time

No subscriptions or commitments. With the Deskimo mobile app, pay only for the time that you use, not a minute more.

Deskimo is backed by Y Combinator, the world's top startup accelerator.
On its day of release, Deskimo was listed as the #3 product on Product Hunt.